Ingin Bisnis Kulinermu Berjalan Lancar? Terapkan Strategi Digital Marketing Ini

Di era sekarang sudah banyak sekali strategi digital marketing yang bisa diterapkan. Adanya digital marketing sangat membantu seseorang yang baru saja merintis bisnis secara online. Meskipun bisnis itu baru saja berjalan, tapi dengan pemasaran digital bisa membantunya untuk bersaing dengan mudah.

Itulah kenapa banyak orang yang berusaha mempelajari bagaimana cara memasarkan bisnis melalui sistem online. Hal ini karena masyarakatnya pun mulai menerapkan sistem online dalam kehidupan sehari-hari. Alhasil, dengan mempelajarinya tentu bisa mengikuti perkembangan dan tahu keinginan konsumen di masa sekarang.

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner

Salah satu bisnis yang banyak diminati di era sekarang adalah kuliner. Tidak heran jika banyak yang membuka usaha ini karena dibilang cukup menjanjikan. Namun, untuk membuat hasilnya terasa semakin maksimal, tentu dibutuhkan strategi dalam digital marketing. Berikut sejumlah strategi yang bisa diterapkan dengan mudah.

Menerapkan SEO

Strategi pertama yang bisa dilakukan adalah menerapkan SEO atau Search Engine Optimization. Bisa dibilang SEO adalah metode yang digunakan untuk membuat situs agar bisa berada di posisi pertama mesin pencarian.

Saat bisnis Anda berada di halaman teratas, tentunya calon konsumen akan dengan mudah menemukannya. Meski mereka tidak mengenal atau baru mendengar nama bisnis tersebut, tapi pasti calon konsumen akan mencari bisnis yang berada di posisi pertama.

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan optimasi SEO dengan cara memaksimalkan penggunaan keyword. Selain itu, frasa, algoritma, kejelasan bahasa, dan pembaruan situs web termasuk hal yang berpengaruh dalam SEO. Strategi menerapkan SEO bisa diterapkan dengan beberapa cara.

Mulai dari menggunakan keyword khusus yang mana keyword tersebut banyak dicari pada halaman website sampai memasukkan link dari satu halaman ke halaman lain. Ada lagi dengan cara menggunakan backlink dan tools bantuan. Dengan begitu, website yang mempromosikan bisnis Anda bisa berada di posisi teratas.

Membuat Content Writing

Strategi digital marketing kedua yang bisa dicoba adalah membuat content marketing. Cara ini bertujuan untuk menjangkau sampai terhubung dengan calon konsumen melalui konten. Alhasil, brand awareness pada bisnis akan mengalami peningkatan. Hal ini bisa dilakukan dengan menyajikan video, artikel, atau foto yang menarik.

Apalagi untuk Anda yang membuka usaha bisnis kuliner. Tentunya foto menarik bisa menjadi poin utama untuk menarik calon konsumen. Semakin apik dan estetis, maka semakin banyak calon konsumen yang merasa penasaran karenanya. Selain itu, foto kuliner busa dibilang baik jika berhasil menunjukkan kelebihan pada sajiannya.

Ada beberapa tips dalam membuat konten melalui foto agar terlihat lebih menarik. Pertama, cobalah untuk memperhatikan cahaya saat pengambilan gambar. Kedua, Anda bisa menggunakan background dengan warna yang netral atau polos.

Ketiga, pilihlah sudut foto yang paling menjual. Selain itu, cobalah untuk menyelipkan foto tempat bisnis agar semakin menarik. Setelah itu, buatlah tulisan yang menonjolkan sisi positif dari foto itu.

Dengan memadukan copywriting dengan foto yang menarik, pastinya akan menghasilkan konten yang menjual. Alhasil, bisnis Anda akan semakin populer dan mudah ditemukan. Apalagi jika bisnis kuliner tersebut cocok untuk kalangan anak muda di era sekarang.

Memanfaatkan Sosial Media Marketing

Strategi digital marketing selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media marketing. Bisa dibilang strategi ini cukup efektif, terlebih mengingat banyak masyarakat yang menggunakan beragam sosial media. Bahkan, satu orang bisa menggunakan 2-3 sosial media yang berbeda.

Alhasil, dengan menerapkan penggunaan sosial media yang tepat, target pasar bisa tercapai dengan mudah. Hal ini selain bisa meningkatkan penjualan juga bisa meningkatkan brand awareness. Apalagi hampir secara garis besar, konsumen yang mempunyai pengalaman positif dengan suatu brand bisa merekomendasikan bisnis itu dengan mudah.

Akhirnya, secara perlahan bisnis kuliner Anda pun semakin bisa dikenal oleh masyarakat banyak. Namun, saat memutuskan untuk memanfaatkan lebih dari satu sosial media, jangan membuat konten yang sama, ya. Hal ini tentu akan membuat masyarakat atau calon konsumen merasa bosan. Bahkan, bisa dinilai tidak kreatif dalam mempromosikan produk.

Memanfaatkan Affiliate Program

Memanfaatkan affiliate program menjadi salah satu strategi digital marketing yang bisa dicoba. Program ini mempunya tujuan untuk mempromosikan suatu produk dari brand tertentu lalu mendapatkan tambahan komisi jika produk tersebut berhasil terjual.

Dengan mencoba memanfaatkan cara ini, penjualan bisa saja meningkat. Tidak perlu khawatir atau takut rugi karena harus membagi komisi dengan orang yang mempromosikan bisnis Anda. Karena jika produk yang ditawarkan bisa laku keras, tentunya keuntungan yang didapat tidak sebanding dengan komisi yang dikeluarkan.

Menggunakan Google Bisnisku

Google Bisnisku menjadi salah satu media untuk menerapkan strategi pemasaran secara digital. Dengan bantuan layanan ini, bisnis bisa saja berada di halaman pertama Google. Hal ini karena Google Bisnisku menawarkan informasi penting yang berkaitan dengan bisnis kuliner.

Mulai dari alamat atau petunjuk arah, jam buka bisnis, kontak atau situs website, review pelanggan, jam favorit, sampai menu yang dijual. Informasi ini penting untuk membuat calon konsumen semakin mengenal bisnis sehingga tertarik untuk mencobanya. Apalagi jika rating atau review pada bisnis terbilang sangat bagus.

Menggunakan Jasa Influencer

Strategi yang saat ini banyak dilakukan oleh pebisnis online adalah menggunakan jasa influencer. Bisa dibilang, influencer menjadi solusi atau jembatan antara penjual dengan konsumennya. Biasanya, seorang calon konsumen akan lebih mudah percaya setelah melihat influencer populer atau favoritnya merekomendasikan produk itu.

Tidak heran jika banyak yang menggunakan jasa itu agar bisnis semakin laku keras. Namun, ada baiknya untuk memilih influencer yang sesuai, ya. Tujuannya agar target pasar tidak salah sehingga promosi pun tidak sia-sia. Jika ingin membuka bisnis kuliner, Anda bisa menerapkan strategi digital marketing di atas dari sekarang.

Bagikan Artikel