Semakin diminati digital marketing semakin banyak jenis-jenisnya yang bermunculan. Dari banyaknya jenis digital marketing terdapat digital marketing yang makin diminati karena terbukti ampuh untuk strategi pemasaran. Digital marketing memang sudah menjadi strategi yang diutamakan pada pemasaran bisnis saat ini.
Seiring kemutakhiran teknologi dan banyaknya bisnis yang sukses dengan digital marketing membuat digital marketing diutamakan untuk strategi pemasaran. Tidak hanya itu, dengan digital marketing, pemasaran yang ditargetkan dapat terukur dan interaktif. Jangkauan digital marketing pun bisa lebih luas dari pemasaran konvensional.
Digital Marketing yang Makin Diminati untuk Pemasaran Online
Setiap jenis digital marketing yang ada bisa efektif tergantung cara Anda mengeksekusinya. Namun, beberapa jenis digital marketing memang lebih diminati dibanding yang lain karena terbukti efektif untuk mempromosikan sebuah bisnis. Berikut ini digital marketing yang makin diminati untuk strategi pemasaran.
- Content Marketing
Content marketing adalah digital marketing yang fokus pada pembuatan dan penyebaran konten untuk target pasar. Tujuan utama dari pembuatan konten ini untuk menarik aksi menguntungkan dari audiens yang potensial, seperti like, comment, share hingga pemesanan produk.
Contoh content marketing yaitu artikel, podcast, studi kasus, gambar atau vidio di media sosial. Konten yang Anda buat bisa berupa informasi mengenai produk, seperti manfaatnya, keunggulannya dibanding produk lain, bahan pembuatan/komposisi, cara pakai dan sebagainya.
Selain tentang produk, Anda dapat membuat konten edukasi atau informatif yang banyak dicari orang-orang dan dapat dihubungkan dengan produk Anda. Contohnya jika produk yang dijual adalah makanan pedas, Anda dapat membuat konten tentang manfaat rasa pedas untuk menghilangkan stress atau semacamnya, lalu promosikan produk Anda.
- Search Engine Optimization (SEO)
SEO menjadi digital marketing yang makin diminati seiring media online semakin ramai dijadikan media promosi. SEO merupakan digital marketing yang menggunakan kata kunci dalam daftar hasil pencarian yang berhubungan dengan hal yang dicari oleh konsumen. Agar bisa menggunakan SEO, Anda harus membuat website dan konten blog/artikel.
Google masih menjadi platform internet yang digunakan orang-orang untuk mencari informasi. Jika SEO website Anda bagus, ketika seseorang pencari informasi yang kata kuncinya berhubungan dengan produk/artikel Anda, maka website Anda akan muncul di posisi pertama di hasil pencarian.
Jika berada di posisi pertama, orang-orang akan mengetahui website Anda dan kemungkinan besar mengunjunginya. Jika sudah mengunjungi website, mereka bisa mengetahui produk yang dijual bahkan hingga melakukan pemesanan jika tampilan da nisi website Anda bisa menarik konsumen.
- Influencer Marketing
Influencer dapat membawa pengaruh besar kepada para pengikut atau penggemarnya. Barang-barang yang dipakai atau direkomendasikan oleh influencer biasanya akan diikuti oleh para pengikutnya. Hal inilah yang membuat influencer menjadi digital marketing yang makin diminati untuk strategi pemasaran.
Menggunakan jasa influencer memang sangat efektif untuk memperkenalkan produk ke pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan. Banyak pebisnis yang langsung mendapatkan banyak pemesanan setelah melakukan kerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produknya.
Namun, pemilihan influencer harus dilakukan dengan cerdas dan riset terlebih dahulu agar mendapatkan influencer yang tepat. Anda akan untung besar jika berhasil memilih influencer yang tepat, tetapi Anda bisa sangat rugi jika memilih influencer yang salah. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu cara memilih influencer yang tepat.
- Pay-Per-Click (PPC) Advertising
Pay per click adalah jenis iklan yang dibayar setiap iklan tersebut diklik oleh orang-orang yang kemudian masuk ke halaman website yang diiklankan. Jika diiklankan, ketika seseorang mencari kata kunci yang berhubungan dengan produk Anda, maka website Anda akan dimunculkan di posisi teratas.
Jika seseorang mengklik iklan tersebut, maka Anda akan membayarnya, tetapi jika iklan tidak diklik, Anda tidak akan membayarnya. Jadi, misalnya dalam periode tertentu, Anda membayar sejumlah klik yang didapatkan dikalikan dengan harga per klik-nya. Biaya per klik tergantung seberapa sanggup Anda membayarnya.
Pebisnis yang menggunakan iklan ini tentu tidak sedikit. Semakin besar biaya per klik, maka iklan Anda akan ditampilkan di posisi teratas. Jenis digital marketing yang makin diminati ini bisa ditemukan di berbagai platform seperti Google, marketplace, Play Store dan sebagainya.
- Social Media Marketing
Media sosial menjadi digital marketing yang makin diminati karena terbukti efektivitasnya dalam memasarkan produk. Pengguna media sosial yang terus meningkat membuka peluang pebisnis untuk mengenalkan produk mereka. Namun, persaingan di media sosial cukup sengit karena maraknya brand yang melakukan promosi.
Akan tetapi, jika Anda mampu untuk kreatif dan unik, akan mudah untuk menarik perhatian audiens hingga membuat mereka membeli produk Anda. Tidak hanya meningkatkan angka penjualan, digital marketing di media sosial bisa untuk membangun brand awareness, membangun interaksi yang baik, dan membangun kepercayaan.
Selain itu, media sosial menjadi digital marketing yang makin diminati karena bisa digunakan dengan gratis. Asalkan kreatif dan konsisten, Anda bisa mendapatkan banyak pengikut dan pelanggan meskipun tidak menggunakan iklan yang berbayar.
Sebagai bukti, banyak UMKM yang usahanya berkembang pesat dengan melakukan digital marketing di TikTok. Mereka tidak membayar iklan, tetapi membuat konten sendiri di akun bisnis mereka. Dengan konten kreatif dan produknya yang memang bagus, bisnis mereka berkembang dengan pesat.
Jenis-jenis digital marketing yang makin diminati di atas memang terbukti efektif. Namun, persaingan menjadi semakin ketat karena banyak pebisnis yang menggunakannya. Oleh karena itu, jenis digital marketing apapun yang dipilih, Anda harus tetap kreatif dan membuatnya beda dari yang lain.