Ketika melakukan pemasaran, Anda wajib memahami tentang kelebihan dan kekurangan promosi menggunakan media digital. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah melakukan perbaikan dan evaluasi pada materi atau konten pemasaran yang akan dikembangkan lebih jauh.
Kelebihan dan Kekurangan dalam Promosi menggunakan Online Marketing
Promosi menggunakan media digital memang lebih mudah. Bisnis online juga lebih fleksibel, bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh ibu rumah tangga. Namun, terdapat beberapa kelebihan dan kelemahannya. Berikut ini akan dijabarkan beberapa kelebihan dan kelemahan yang mungkin Anda rasakan ketika melakukan promosi di media digital.
Kelebihan Media Online sebagai Sarana Promosi
Media digital menjadi salah satu jembatan yang baik untuk para pebisnis yang notabene tidak memiliki lokasi untuk berjualan seperti toko atau ruko tertentu. Media digital memiliki keunggulan yang cukup banyak jika dikaitkan dengan sistem pemasaran untuk mempromosikan sebuah produk. Apa saja kelebihannya?
1. Jangkauan Pemasaran yang Luas
Salah satu kelebihan dari melakukan promosi menggunakan media digital yakni jangkauan pemasaran yang cukup luas. Tak terbatas pada satu wilayah tertentu seperti saat Anda memiliki toko konvensional.
Besarnya kemungkinan pemasaran ini membuat produk Anda memiliki peluang untuk dipinang konsumen dari berbagai kota, provinsi, wilayah, hingga negara lain. Tentu hal ini akan jadi kabar baik untuk pebisnis yang sedang berupaya mengembangkan usahanya, bukan?
2. Tidak Memerlukan Biaya yang Besar
Hanya bermodal internet, Anda tak perlu memikirkan biaya yang besar saat mulai menjalankan bisnis dengan basis digital. Pemasaran juga melalui jalur internet sehingga semua akses satu pintu dan akan lebih praktis dalam memberikan pelayanan.
3. Menghemat Waktu dan Tenaga
Karena tak wajib memiliki toko yang harus selalu buka setiap hari, salah satu kelebihan promosi menggunakan media digital yakni lebih efisiensi waktu dan tenaga. Anda bisa memaksimalkan waktu Anda untuk sesuatu yang lebih penting lainnya.
4. Lebih Cepat Mendapatkan Feedback Pelanggan
Karena data digital umumnya lebih update dibandingkan data konvensional, maka Anda akan lebih cepat mendapatkan feedback pelanggan. Timbal balik ini didapatkan karena pelayanan Anda yang baik kepada konsumen. Maka, mereka akan dengan senang hari memberikan penilaian dan respons positif pada toko Anda.
Misalkan untuk pemesanan online dengan menggunakan Grab atau Gojek, data pemesanan dan nilai untuk toko akan langsung diberikan setelah pesanan disampaikan. Semuanya jadi lebih memudahkan, bukan?
5. Bisa Diakses oleh Siapa Saja
Tidak bisa ditampik bahwa internet adalah salah satu sendi kehidupan masyarakat saat ini. Keberadaan teknologi digital telah memenuhi hampir seluruh sisi dalam keseharian penduduk Indonesia. Maka, kemudahan akses ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama oleh para pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya.
Kekurangan Media Online sebagai Upaya Pemasaran Produk
Meski terdapat kelebihan, memutuskan sebuah promosi menggunakan media digital juga memiliki kekurangan. Di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Beberapa Pelanggan Masih Suka Toko Offline
Meski dinilai praktis, sebagian pelanggan masih lebih senang berbelanja di sebuah toko offline. Hal ini dikarenakan para pengunjung bisa melihat barang lebih detail, bisa merasakan bahan yang digunakan, bisa mencicipi produk makanan, dan sejenisnya.
Hal ini membuat performa toko online seolah menurun karena belum maksimal memberikan kepuasan kepada pelanggan, padahal tujuan tersebut seharusnya bisa menaikkan branding produk. Toko oflline, terutama jika berada di pasar, masih memegang tahta tertinggi dalam industri penjualan konvensional.
2. Tidak Semua Konsumen Melek Digital
Salah satu kekurangan dari kegiatan promosi menggunakan media digital yakni keterbatasan konsumen dalam melakukan akses digital. Tak semua orang bisa melek teknologi online karena banyak faktor.
Generasi milenial yang mendominasi penggunaan ponsel pintar, sehingga kemungkinan para generasi kelahiran 60-an agak kurang cepat dalam mengimbangi perkembangan zaman. Maka, memasarkan produk menggunakan media digital dinilai kurang efektif jika pasar yang dituju adalah generasi yang kini berusia 50 tahun ke atas.
3. Jika Salah Target Market, Maka Tidak Ada Timbal Balik
Dunia digital pun penuh dengan risiko. Jika Anda tidak bisa memastikan konten dalam promosi tepat sasaran, maka kerugian akan mendatangi bisnis Anda. Ketika salah dalam menargetkan konsumen, bukan dampak baik, justru akan memberikan dampak buruk, karena tidak akan ada timbal balik yang sepadan.
4. Rentan terhadap Penipuan
Banyak orang yang masih ragu untuk melakukan transaksi online dikarenakan takut ditipu olshop. Hal ini termasuk salah satu bagian dari kelemahan ketika memutuskan promosi menggunakan media digital. Maka, untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan branding yang kuat agar tercipta trust pelanggan kepada toko Anda.
Solusi lainnya yakni dengan menggunakan sistem COD (cash on dilivery) atau pembayaran di tempat, agar konsumen bisa yakin pada layanan yang diberikan. Tentu hal ini juga menjadi risiko dalam berjualan secara online agar bisa memberikan kepuasan kepada konsumen.
5. Rentan terjadi Kesalahan Teknis
Karena tidak bertatapan langsung dengan pelanggan, pemasaran pan pemesanan produk secara online juga rawan terjadi kesalahan teknis. Perlu adanya cek dan ricek sampai kedua belah pihak memastikan bahwa pesanan telah sesuai.
Beberapa hal yang tidak tertulis gamblang atau dikomunikasikan dengan konfirmasi pun masih memungkinkan adanya miss saat pengiriman. Oleh karena itu, hal ini perlu jadi salah satu hal yang diperhatikan oleh penjual online.
Beragam kelebihan dan kekurangan promosi menggunakan media digital yang telah diajabarkan di atas bisa menjadi salah satu rujukan Anda untuk bisa menyeimbangkan konten. Hal tersebut juga bisa menjadi bahan acuan untuk mencanangkan metode pemasaran yang paling tepat, sesuai dengan target pasar yang dituju.