Menampilkan profil perusahaan (company profile) adalah cara paling efektif yang bisa dilakukan untuk menarik banyak klien baru. Peran company profile sangat terlihat ketika anda melakukan berbagai aktivitas promosi seperti mengikuti pameran dagang (trade show) atau events lainnya. Anda juga membutuhkan company profile ketika melakukan rapat dan presentasi bisnis dengan prospek atau calon pelanggan.
Company profile memungkinkan banyak orang untuk mendapatkan gambaran umum tentang produk dan layanan perusahaan, sejarah singkat perusahaan, kekuatan unik, dan rekam jejaknya. Informasi tersebut berguna untuk menekankan perusahaan yang mempunyai entitas yang baik.
Selain menyatakan informasi tentang perusahaan, company profile harus memainkan peran lebih dari itu. Profil perusahaan anda harus disusun dengan baik untuk menyampaikan nilai-nilai utama dan budaya perusahaan yang membuat organisasi mempunyai karakter berbeda.
Apa Pentingnya Company Profile?
Karena company profile sangat penting bagi perusahaan, maka anda perlu menyiapkannya sebaik dan semenarik mungkin. Tergantung kebutuhan, anda bisa membuat profil perusahaan dalam bentuk media cetak, digital atau kombinasi dari keduanya. Profil perusahaan secara singkat juga bisa anda tampilkan di siaran pers (press release) dan akun media sosial.
Lebih dari sekadar informasi produk dan layanan, company profile desain yang menarik mengungkapkan banyak hal. Desain memainkan peran signifikan selain konten di dalamnya. Ia mampu membuat perusahaan anda terlihat lebih profesional dan terpercaya.
Kegunaaan Company Profile
- Memberikan gambaran perusahaan
Company profile yang baik memuat informasi dasar tentang perusahaan yang penting diketahui pembaca. Jika perusahaan anda sudah berdiri cukup lama dan pernah mengerjakan proyek, tampilkan sejumlah dokumentasi dan fakta-fakta sebagai elemen pendukung. Anda juga bisa menampilkan klien yang pernah bekerja sama dengan anda dan penghargaan jika anda pernah meraihnya.
Anda perlu memastikan bahwa informasi yang ditampilkan cukup ringkas namun padat. Beberapa informasi penting yang perlu anda sertakan dalam company profile diantaranya:
- Sejarah berdirinya perusahaan,
- Visi, misi, & nilai-nilai perusahaan,
- Produk & layanan beserta keunggulannya,
- Alamat & nomor telepon,
- Proyek yang pernah dikerjakan,
- Daftar klien & testimonial pelanggan,
- Struktur organisasi perusahaan.
- Meningkatkan kredibilitas
Dalam bisnis, kepercayaan klien dan mitra adalah hal yang utama. Namun untuk membangun kepercayaan bukan proses yang dikerjakan dalam semalam. Pertama-tama, anda perlu menciptakan kesan yang dapat dipercaya. Ini bisa anda wujudkan dengan company profile yang meyakinkan meskipun perusahaan anda tergolong baru.
Manfaat tujuan company profile perusahaan
Lagipula, bagaimana orang bisa percaya anda jika company profile anda dibikin secara asal-asalan? Company profile yang apik mencerminkan bahwa anda mempunyai pandangan ke depan yang kuat. Itulah kenapa anda membutuhkan Jasa Desain Grafis Profesional yang berpengalaman, siap membantu anda membuat desain company profile yang tak hanya memenuhi standar estetika tapi juga punya nilai jual yang tinggi.
- Membangun citra positif perusahaan
Kesan pertama sangat krusial terutama ketika anda menawarkan produk kepada calon pelanggan. Anda bisa menciptakannya dengan membuat company profile yang mampu merepresentasikan perusahaan. Ada berbagai elemen pendukung yang bisa dipakai untuk menciptakan citra positif perusahaan anda.
Pertama, company profile mengandung konten pemasaran seperti copywriting dan unsur-unsur grafis. Penulisan naskah yang tersusun matang akan menciptakan persepsi tertentu dalam benak seseorang. Pesan-pesan perusahaan diperkuat lagi dengan desain yang profesional, melibatkan pemilihan gambar dan editing dengan perangkat lunak grafis. Agar lebih interaktif, anda bisa membuat company profile dalam bentuk animasi (motion graphic).
- Mendukung program pemasaran
Berbagai kanal baik offline maupun digital bisa anda gunakan untuk menunjang program-program pemasaran. Anda butuh perangkat untuk mengisi kanal-kanal tersebut, salah satunya company profile. Jika anda punya website, anda bisa menampilkan company profile yang bisa diakses secara global kapan saja.
Demikian pula ketika anda mengikuti trade show, company profile cetak anda butuhkan untuk diberikan kepada para pengunjung yang merupakan pembeli potensial anda. Company profile juga bisa berupa dokumen digital dengan format PDF yang fleksibel. Anda bisa menggunakannya ketika meeting atau presentasi untuk meraih pelanggan baru.
- Memperluas jejaring
Company profile dapat anda bagikan kepada prospek yang ingin tahu lebih banyak tentang perusahaan anda. Inilah momen di mana company profile menjalankan misinya. Jejaring (networking) tidak hanya dilakukan secara langsung tapi juga melalui company profile.
Anda bisa mempresentasikannya ketika meeting atau memberikannya kepada prospek sebagai bahan pertimbangan. Ketika calon klien sedang dalam masa pertimbangan, ia akan melihat-lihat dan mempelajari company profile anda lalu mendiskusikannya dalam rapat sebelum akhirnya membuat komitmen bisnis dengan anda.
- Menarik investor
Bisa dikatakan, company profile adalah “duta perusahaan” anda. Ketika disusun dengan bagus, maka ia akan membuka berbagai peluang bisnis. Orang akan tertarik untuk membeli barang dan layanan anda atau berinvestasi ke perusahaan anda.
Ketika anda mencari investor, selain business plan, yang anda butuhkan adalah company profile. Ia dapat anda tampilkan di berbagai media mulai dari website hingga media cetak.
- Mendukung rekrutmen karyawan
Ini sangat esensial namun seringkali dilupakan oleh pebisnis bahwa karyawan adalah salah satu aset berharga perusahaan. Perusahaan seringkali melakukan rekrutmen untuk mencari karyawan baru. Namun calon karyawan memiliki pertimbangannya sendiri apakah mereka tertarik bekerja di perusahaan anda atau tidak.
Gunakan company profile sebagai alat untuk mendukung proses rekrutmen karyawan. Tampilkan company profile sebaik mungkin agar talenta-talenta muda terbaik mau bekerja di perusahaan anda.