Kenapa Media Sosial Dianggap Penting Untuk Pemasaran UKM

Media sosial secara luas dianggap sebagai alat yang sangat sukses untuk meningkatkan konversi penjualan. Pada kenyataannya, terlepas dari produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan, media sosial adalah komponen penting dari setiap kampanye pemasaran digital. Jadi, apa sebenarnya pemasaran media sosial yang membuatnya begitu menarik?

Indonesia Pengguna Media Sosial Terbesar

Akun media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya praktis banyak digunakan di dunia digital saat ini. Dari total populasi 268 juta orang di Indonesia, lebih dari 150 juta orang menggunakan media sosial. Setiap hari, mereka menghabiskan setidaknya 3 jam 26 menit di media sosial dengan alasan apa pun.

Menurut statistik, populasi global pengguna media sosial akan mencapai 3,1 miliar pada tahun 2021. Berbagai kegiatan ini memberikan peluang fantastis untuk terhubung dengan pelanggan di mana pun dan kapan pun. Anda mungkin kehilangan peluang mendapatkan pelanggan jika Anda belum menggunakan media sosial.

Interaksi Konsumen Sederhana

Pengguna media sosial sering memeriksa akun mereka untuk hiburan dan informasi terbaru. Paparan langsung terhadap pemasaran membuat mereka kurang responsif. Itu tidak mengesampingkan kemungkinan memasarkannya kepada mereka. Konsumen lebih terbuka terhadap komunikasi produk di media sosial daripada sebelumnya.

Konsumen lebih terbuka terhadap pesan pemasaran di media sosial karena memungkinkan mereka untuk berinteraksi lebih banyak dan mempromosikan merek dari berbagai perspektif. Media sosial adalah alat yang memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan dengan cara yang menyenangkan dan mudah. Alih – alih memberikan pesan pemasaran langsung, anda dapat membuat koneksi di media sosial yang sesuai dengan kepribadian mereka.

Mempopulerkan Merek

Media sosial dapat membantu dalam meningkatkan visibilitas dan, sebagai hasilnya, pengenalan merek. Buat profil yang jelas dan menarik yang mencerminkan kepribadian merek. Sehingga bahkan mereka yang tidak mengenal merek Anda dapat dengan cepat mengenalinya. Selain itu, konten yang menarik harus diunggah untuk meningkatkan nilai merek di mata target Konsumen.

Pelanggan baru mungkin menemukan merek Anda di media sosial, misalnya. Mungkin saja mereka belum pernah mendengarnya sebelumnya. Mereka mungkin belajar lebih banyak tentang merek dan nilai yang diberikannya, dengan membaca konten yang jelas dan menarik. Pelanggan yang sudah ada berada dalam skenario yang sama. Ada kemungkinan bahwa melihat konten media sosial akan menarik minat Anda untuk melakukan pembelian berulang.

Promosi Mulut ke Mulut

Media sosial adalah “word of mouth” terbesar untuk setiap bisnis, terutama UKM sebagai salah satu media pemasaran yang paling ampuh. Ini tidak hanya gratis, tetapi juga bekerja secara ajaib untuk membangun kepercayaan. Media sosial telah berkembang menjadi platform yang sangat luas untuk pemasaran dari mulut ke mulut dalam banyak hal. Konsumen lebih cenderung percaya dan membeli apa pun setelah mendengar umpan balik positif dari teman atau influencer favorit mereka. Pelanggan dapat dengan cepat mengirimkan ulasan dan mempromosikan item dan layanan kepada teman dan keluarga di media sosial.

Berbagai konsumen ada di Media Sosial

Ada banyak jenis platform di media sosial, masing-masing dengan audiensnya sendiri. Anda dapat secara strategis menargetkan konsumen yang berbeda di setiap platform dengan sedikit studi pemasaran dan inovasi. Lebih baik menggunakan beberapa platform media sosial untuk mencapai target demografis yang tepat daripada hanya merilis informasi promosi di media arus utama untuk dilihat siapa pun.

Buat daftar demografi konsumen yang terperinci, seperti jenis kelamin, usia, lokasi, minat, perusahaan yang mereka dukung, hobi, dan sebagainya. Semakin banyak informasi yang Anda berikan, semakin baik. Jika Anda memilih untuk mengambil keuntungan penuh dari platform, pengetahuan ini akan memberi Anda wawasan yang lebih besar tentang mana yang akan digunakan dan bagaimana merancang konten untuk masing-masing platform.

Bisa Menargetkan Konsumen

Bisnis yang tidak memiliki tujuan pasti akan membuang sumber daya secara tidak efisien. Kemampuan untuk merancang konten promosi untuk menargetkan konsumen, menyampaikan konten, dan kemudian menargetkan ulang audiens yang tidak dikonversi menjadi pelanggan dimungkinkan oleh media sosial.

Facebook, misalnya, memungkinkan Anda menargetkan individu berdasarkan lokasi mereka, Riwayat Pembelian, halaman yang mereka ikuti, dan bahkan tingkat pendidikan mereka. Keterampilan penargetan media sosial yang ditingkatkan dapat membantu menemukan konsumen yang tepat.

Sumber Daya yang Efisien

Mendaftar dan membuat akun gratis di situs mana pun menjadikan pemasaran media sosial sebagai pilihan yang paling hemat biaya. Alih-alih menghabiskan uang, jenis pemasaran ini biasanya mengharuskan mencurahkan waktu untuk menghasilkan dan mengirimkan konten serta melibatkan orang.

Meski begitu, investasi kali ini memiliki dampak besar pada perusahaan. Namun, jika Anda memutuskan untuk menggunakan iklan berbayar, media sosial membuatnya lebih mudah untuk memulai dari yang kecil. Ini sangat sesuai untuk UKM, yang biasanya dimulai dengan biaya rendah.

Akhirnya, kemampuan untuk menghasilkan penjualan adalah apa yang menentukan efektivitas pemasaran media sosial. Menurut statistik, 70% penjual mendapatkan konsumen baru melalui media sosial. Ini adalah pendekatan yang efisien untuk meyakinkan klien potensial untuk membeli barang dan mengubahnya menjadi pelanggan dengan terhubung dengan mereka secara teratur.

Bagikan Artikel