Kiat Jitu Pemasaran UKM Menggunakan Facebook

Ada lebih dari satu miliar pengguna aktif Facebook. Orang-orang tertarik ke Facebook karena kemudahan membuka akun dan fakta bahwa itu gratis. Anda dapat terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia melalui Facebook. Ini adalah cara yang fantastis bagi pemilik bisnis untuk mempromosikan perusahaan mereka.

Metode pemasaran Facebook dianggap sangat efisien dalam merekrut pelanggan. Sangat disayangkan jika para pemilik usaha UKM tidak menggunakan media sosial untuk mempromosikan produknya. Sebab, selain murah, Facebook bisa menjangkau pengunjung dari seluruh dunia, meski kita tidak menyadarinya.

Namun, menggunakan Facebook tidak sesederhana kelihatannya. Anda harus tahu berbagai teknik rahasia berikut ini.

Akses Nyaman
Tambahkan bagian pendukung pelanggan seperti FAQ dan Tanya Jawab, serta informasi praktis seperti cara mengembalikan barang yang rusak. Pastikan nomor telepon dan alamat Anda mudah diakses. Menggunakan Notes default atau tanpa menginstal aplikasi tertentu, Anda dapat dengan mudah membuat tab FAQ dan Q&A. Ini akan memudahkan calon klien untuk berkomunikasi dengan Anda.

Berikan Respon Cepat
Jadilah orang yang sosial jika Anda ingin memanfaatkan media sosial. Facebook dapat membantu meruntuhkan penghalang antara usaha kecil dan pelanggan mereka, tetapi Anda harus tahu cara menggunakannya secara efektif, dapat diakses oleh pelanggan, dan merespons dengan cepat saat mereka menghubungi Anda.

Tanggapi semua pesan yang masuk di halaman Anda dengan baik dan memuaskan, meskipun pelanggan menelepon karena ingin mengajukan keluhan. Jangan biarkan komunikasi pelanggan tidak terjawab.

Jangan Posting Terlalu Banyak Informasi
Tidak apa-apa untuk memberikan informasi pelanggan, tapi jangan berlebihan. Itu akan, percayalah, mengusir pelanggan. Jika ada terlalu banyak pesan di dinding Facebook pelanggan, itu akan muncul seolah-olah penuh dengan spam.

Twitter dan Facebook bisa digabungkan. Jadwalkan posting untuk kedua platform media sosial dan pisahkan. Setiap pesan yang diterima di Twitter tidak harus dibagikan di Facebook. Sertakan konten yang menarik secara visual, seperti foto atau film.

Libatkan Follower
Siapa pendukung Anda yang paling bersemangat? Pilih satu setiap bulan, atau lakukan hal serupa untuk melibatkan pelanggan. Hargai pelanggan yang setia pada barang Anda dan bantu agar halaman Facebook Anda tetap hidup. Lihat siapa yang paling banyak berkomentar dan seberapa besar pengaruh komentar konsumen.

Umumkan penghargaan penggemar bulan ini dengan video dan hadiah kecil bagi mereka yang menang. Jenis rencana pemasaran ini mudah diterapkan. Pelanggan dapat mengikuti kuis atau menjawab pertanyaan mudah. Dengan kata lain, tingkatkan keterlibatan konsumen dan dorong orang untuk mengunjungi halaman Facebook Anda secara teratur.

Interaksi konsumen membuat Anda lebih dekat dengan mereka, dan ketika Anda dekat dengan mereka, lebih mudah untuk mengetahui apa yang mereka inginkan.

Mengukur Keberhasilan
Alat terbaik untuk menentukan nilai Facebook UKM adalah alat Facebook sendiri, Insight. Alat ini menampilkan informasi seperti jumlah kunjungan per posting, umpan balik pengunjung seperti komentar dan suka, jumlah penggemar baru atau yang berangkat, dan banyak lagi.

Jangan lupa untuk menggunakan Google Analytics, alat analisis situs web Anda sendiri, untuk melacak lalu lintas yang berasal dari Facebook. Ukuran utama keberhasilan bagi sebagian besar perusahaan kecil, seperti bisnis UKM, adalah volume penjualan, bukan jumlah lalu lintas situs web atau keterlibatan konsumen. Untungnya, Facebook sekarang menawarkan alat untuk melacak penjualan.

 

Bagikan Artikel