Langkah-langkah Penting yang Harus Kamu Ketahui untuk Memulai Bisnis di E-commerce

Pernahkan Anda berpikir untuk mulai menjalankan bisnis melalui E-commerce? Proses penjualan sekarang makin mudah dilakukan dengan adanya belanja online. Penjualan secara online pun didukung dengan perkembangan teknologi yang memudahkan seseorang melakukan jual-beli secara online.

Melakukan penjualan online ini tidak hanya sekedar memasarkan dalam bentuk online saja, melainkan Anda perlu mengunakan strategi dan pantauan terhadap toko online Anda. Mengapa demikian? Karena dengan adanya strategi dan pemantauan Anda bisa melihat sejauh mana toko online bisa berkembang.

Hal Penting Sebelum Memulai E-Commerce

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online di E-commerce perlu memahami hal-hal penting dalam memulai pemasaran online. Hal ini banyak dilakukan perusahan-perusahan besar dalam memasarkan produknya, sehingga mereka bisa sukses berkembang. Nah, selanjutnya giliran Anda mempraktikkan untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki.

1.    Survei Pasar Tentang Produk yang Banyak Dicari

Hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat ingin memasarkan produk online ialah melakukan survei pasar terlebih dahulu. Gali informasi mengenai jenis dan tipe produk best seller di e-commerce yang bisa Anda temukan dihalaman awal pencarian. Ini cara sederhana bagi Anda menentukan produk yang banyak di cari.

Selain itu, Anda pun bisa menggunakan tools untuk survey pasar misalnya menggunakan Google Trend. Melalui tools ini Anda akan lebih mudah menemukan produk yang banyak disukai oleh calon pembeli. Kegiatan survey pun bisa memudahkan Anda memilih jenis produk yang akan ditawarkan.

2.    Pilih Produk yang Akan Ditawarkan

Tahap berikutnya yakni memilih produk mana yang akan Anda tawarkan. Misalnya Anda mendapatkan jenis produk dari survey pasar, nah Anda bisa menggunakannya sebagai produk yang akan di pasarkan. Namun jika Anda sudah memiliki produk sendiri pun tidak menjadi masalah, asalkan Anda tahu kata kunci yang banyak digunakan untuk pencarian produk yang akan Anda tawarkan.

3.    Kenali Target Pasar Anda

Pengenalan target pasar pun menjadi hal penting yang harus Anda ketahui. Setelah, menetapkan produk mana yang akan Anda pasarkan selanjutnya menentukan kemana arah penjualan Anda. Penentuan target pasar ini disesuakan produk yang akan di tawarkan. Melalui ini Anda bisa membidik calon kostumer  sesuai dengan demografi penduduk yang menjadi daerah sasaran.

Mengenali target pasar ini akan lebih memudahkan Anda selama proses pemasaran. Peningkatan penjualan akan bisa Anda capai, jika Anda mengenali target pasar dan memberikan apa yang dibutuhkan oleh target pasar Anda.

4.    Menyediakan Sistem Pembayaran Praktis

Selanjutnya, penjualan online tidak lepas dari sistem pembayaran yang praktis. Bagaimana sistem pembayaran online yang praktis? Melihat banyaknya metode pembayaran online ini membuat sebagian orang menjadi lebih dimudahkan dalam urusan pembayaran dan transfer. Tidak hanya itu, ada juga sistem COD bagi mereka yang tidak bisa melakukan pembayaran secara transfer.

Maka dari itu, Anda pun juga harus menyediakan sistem pembayaran yang praktis juga. Misalnya menyediakan minimal tiga opsi metode pembayaran. Melalui transfer Bank, E-wallet, dan pembayaran COD.

5.    Menyiapkan Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik harus selalu Anda berikan kepada konsumen supaya mereka merasa ada kecocokan antara dia dan toko online Anda. Membuat konsumen merasa nyaman dengan toko online yang amanah, bisa membuatnya menjadi pelanggan yang loyal. Makanya penting sekali memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen.

6.    Lakukan Riset Kompetitor

Riset kompetitor pun sangat penting, sepertinya Anda memang tidak boleh melewatkan yang satu ini. Melalui kompetitor Anda bisa mengetahui bagaimana cara pemasaran online, strategi, atau bahkan mempelajari perilaku konsumen dari kompetitor Anda.

Kompetitor ini ada yang namanya kompetitor langsung dimana ia menjual produk yang sama dengan Anda. Sedangkan, kompetitor tidak langsung ini memiliki target market yang sama namun produk yang dijual berbeda. Anda bisa melakukan survey pada kedua jenis kompetitor. Semakin banyak perbandingan yang Anda lakukan, akan semakin pula hasil yang akan Anda dapatkan.

7.    Mulai Buka Toko Online Anda

Membuka toko online memang kelihatanya mudah, tapi memang mudah apabila Anda sudah memahami alur serta strategi berjualan online. Saat Anda sudah siap dengan hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis, kini Anda bisa memulai membuka toko online. Daftarkan bisnis Anda melalui e-commerce yang telah Anda pilih.

8.    Branding Toko Online

Sejak saat toko online Anda berdiri, bangunlah toko Anda supaya mudah ditemukan dan dikenal banyak orang. Caranya ialah dengan melakukan branding toko online. Cara ini cukup efektif dilakukan melalui sosial media yakni bisa dilakukan dengan mencantumkan link pada media sosial Anda dan mempromosikan toko online di media sosial.

9.    Bangun Jejaring Bisnis

Saat terjun kedunia bisnis pastinya Anda pun juga harus mempersiapkan untuk membangun jejaring lebih luas terkait bisnis Anda sehingga bisa menjalankannya dengan baik. Membangun jejaring bisnis pun bisa membuat Anda semakin berkembang dengan circle yang bisa membisa memberikan info seputar bisnis online.

10. Ikuti Secara Aktif Perkembangan Toko Online

Bagian terakhir, setelah Anda membuka dan menjalankan toko online pastikan Anda juga mengikuti bagaimana perkembangan bisnis online Anda. Pemantauan ini penting sekali dilakukan, melalui hal ini Anda bisa mencegah konsumen lari ke toko lain. Pelayanan yang baik juga berkaitan dengan balas pesan yang cepat.

Nah, apabila toko online tidak dipantau dengan benar pastinya saat ada pesan yang masuk Anda tidak bisa membalasnya dengan cepat. Sehingga mengurangi daya tarik konsumen pada toko Anda. Berbeda jika Anda membalas pesannya dengan cepat, pasti ia akan memberikan feedback yang baik pula.

Demikian informasi mengenai langkah yang harus Anda ketahui untuk memulai sebuah bisnis di E-commerce. Beberapa hal di atas akan membantu Anda untuk membuat bisnis online lebih mudah berkembang. Saat melakukan pemasaran online, pastikan Anda memberikan pelayanan terbaik agar Anda bisa meningkatkan performa toko yang bagus.

Bagikan Artikel