Bagi pebisnis, melakukan pemasaran termasuk mengambil keuntungan dan manfaat e-commerse dalam upaya meningkatkan penjualan produk tentu jadi satu hal yang harus diupayakan. Semakin baik angka penjualan, maka akan berimbas baik pula untuk kepercayaan konsumen pada toko online Anda.
Keuntungan Menggunakan E-Commerce untuk Bisnis
Memasarkan produk melalui e-commerce memiliki beberapa keuntungan. Baik dari sisi penjual maupun pembeli, ada hasil dari win-win solution yang ditawarkan oleh pasar digital yang hanya tersedia di dunia maya tersebut. Apa saja manfaat lengkapnya? Simak ulasannya secara lebih detail di bawah ini.
Memudahkan Pembeli untuk Bertransaksi
Kemudahan dalam transaksi jual beli adalah salah satu bagian manfaat e-commerce dalam upaya meningkatkan penjualan produk yang Anda kembangkan. E-commerce memiliki banyak fitur yang akan tidak akan membuat Anda kerepotan saat hendak membeli atau menjual produk. Layanan ini merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan sebagai solusi.
Menaikkan Brand Awareness Produk
Ada banyak merek dagang yang bertebaran di e-commerce. Jika Anda memaksimalkan konten pemasaran produk dalam layanan jual beli digital di marketplace dan media sosial, maka hal ini akan menaikkan brand awareness produk Anda.
Jika sebuah awareness produk telah terbangun dengan baik, maka kemungkinan naiknya permintaan produk juga akan semakin tinggi. Jika permintaan naik, maka perputaran dana penjualan Anda juga akan semakin cepat. Hal ini akan memungkinkan usaha Anda juga bergerak menuju perubahan yang lebih baik dengan lebih cepat.
Mendapatkan Support Digital yang Mumpuni
Manfaat e-commerse dalam upaya meningkatkan penjualan produk juga bisa dirasakan karena pasar digital ini memberikan banyak support untuk penjual dan pembeli. Alhasil, segala hal yang berkaitan dengan promosi online juga bisa jadi sarana untuk menaikkan permintaan produk lebih banyak dibandingkan sebelumnya.
1. Pengiriman produk lebih mudah
Umumnya, e-commerce seperti marketplace akan bekerja sama dengan banyak ekspedisi. Dalam hal ini, tentu kebaikan dari promo gratis ongkir dan sejenisnya, bisa membantu konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkan. Pengiriman pun akan semakin mudah karena bantuan keterlibatan e-commerce secara menyeluruh.
2. Menjangkau pembeli yang potensial
Dalam perjalanannya, penjualan dalam bisnis Anda juga akan berkaitan dengan banyak pembeli. Jika Anda terlibat dengan e-commerce, tentu langkah untuk mendapatkan pembeli yang potensial juga akan semakin lebar. Banyak konsumen yang datang ke marketplace dan toko online untuk mencari produk yang dibutuhkan.
3. Menemukan celah pasar dengan lebih cepat
Manfaat e-commerce dalam upaya meningkatkan penjualan produk juga akan berkaitan dengan teknis dalam menemukan celah pasar yang timpang. Jika Anda menyediakan produk di marketplace, maka kemungkinan persaingan dengan kompetitor juga akan semakin besar.
Hal ini akan memudahkan Anda melihat kelemahan lawan, kemudian menjadikannya sebagai keunggulan. Dengan demikian, konsumen yang cerdas akan beralih pada akun Anda sebagai seller yang lebih bisa dipercaya dibandingkan kompetitor.
4. Bisnis bisa berjalan 24/7
Keunggulan lain yang ditawarkan e-commerce juga bisa dijalankan selama 24 jam penuh, dalam 7 hari seminggu. Hal ini dikarenakan kemudahan akses sehingga toko Anda bisa berjalan lebih baik dibandingkan dengan toko konvensional pada umumnya.
Meningkatkan Customer Loyalty
Jika Anda menjalankan toko online dengan baik, maka rasa percaya masyarakat akan semakin meningkat. Hal ini membuat manfaat e-commerce dalam upaya meningkatkan penjualan produk Anda juga akan semakin bisa dirasakan. Konsumen yang loyal akan memberikan banyak permintaan produk di masa yang akan datang.
Berikut ini terdapat beberapa tips menaikkan customer loyalty yang patut Anda coba sebagai pemilik akun marketplace dan e-commerce yang kredibel.
1. Berikan harga yang bersaing
Harga menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah produk atau jasa. Oleh karena itu, berikanlah harga yang bersaing, sehingga pelanggan bisa memilih produk Anda dibandingkan kompetitor.
2. Berikan pelayanan yang maksimal
Tak hanya berkaitan dengan harga, Anda wajib memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Hal ini berkaitan dengan keamanan produk, kecepatan kemas, pengiriman, dan lainnya. Secara teknis, pelayanan yang memukau akan membuat konsumen merasa dihargai dan memiliki kesempatan untuk jadi langganan toko Anda.
3. Sajikan produk berkualitas unggulan
Produk yang berkualitas adalah inti dari naiknya angka permintaan produk. Kualitas yang baik didukung dengan produk ori yang tidak diragukan, tentu akan membuat konsumen Anda merasa lebih senang. Lambat laun, konsumen akan kembali ke toko Anda jika membutuhkan barang sejenis.
Dapat Menekan Biaya Operasional
Memasarkan produk di e-commerce sangat menguntungkan bagi Anda yang tidak memiliki toko penjualan offline. Di sini, Anda bebas memasarkan produk, kemudian pembeli akan mendatangi lapak Anda. Tentu hal ini akan menekan biaya operasional secara keseluruhan karena Anda hanya butuh bermodalkan internet dan jaringan yang stabil saja.
Menawarkan Fleksibilitas yang Cukup Tinggi
E-commerce hanya berbasis internet saja, sehingga fleksibilitasnya cukup tinggi. Bisa diakses siapa saja, berasal dari mana saja, tidak terikat ruang dan waktu. Hal inilah yang jadi satu poin unggulan sebuah e-commerce yang tidak dimiliki toko offline secara umum.
Anda bisa saja memiliki toko offline yang menggunakan marketplace dan media digital sebagai wadah pemasaran, sehingga keberadaan e-commerce bersifat sebagai jembatan lain yang mempertemukan Anda dengan konsumen dari seluruh penjuru negeri. Maka peningkatan penjualan juga akan semakin mudah dan bisa dijangkau oleh siapa saja.
Melihat banyaknya manfaat e-commerce dalam upaya meningkatkan penjualan produk yang sedang dikembangkan, maka kini saatnya Anda juga bisa merasakan hal yang sama. Maksimalkan segala potensi media digital agar hasil yang didapatkan juga sepadan dengan usaha yang dilakukan.