Media sosial campaign merupakan hal yang sangat penting dan diperlukan untuk kesuksesan brand dari produk Anda guna membangun awareness di mata masyarakat luas, yang mana nantinya media sosial campaign tersebut akan mengarahkan para pelanggan untuk melakukan pembelian produk yang Anda tawarkan.
Seperti halnya iklan yang dilakukan oleh brand shampoo dove, yang melakukan kampanye iklan dengan tema real beauty, yang mana hal tersebut menarik perhatian banyak orang dan membuat mereka rela berpartisipasi dalam membagikan cerita atau pengalam mereka melalui laman media sosial masing-masing.
Beberapa Hal Terkait Media Sosial Campaign
Sebelum membicarakan topik yang satu ini secara lebih lanjut, mari menilik kembali iklan atau promosi yang telah dilakukan oleh brand shampoo dove. Dapat Anda pahami bahwasannya kesuksesan dari periklanan yang telah dilakukan oleh brand tersebut tidak akan terlepas dari keberhasilan social media campaign yang telah dilakukan secara maksimal.
Brand yang satu ini diketahui menggunakan berbagai macam jenis media sosial untuk menggalakkan kampanye produk, juga menggunakan tokoh publik ternama sebagai ikon dalam iklan yang dilakukan.
Jika Anda belum mengetahui apa itu media sosial campaign, maka simak penjelasan berikut ini. Istilah tersebut digunakan untuk mengistilahkan suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan secara terarah dan juga tersusun oleh seorang pengusaha, yang mana bertujuan untuk memperkuat suatu produk melalui media sosial yang digunakan.
Perlu Anda ketahui juga bahwasannya kampanye media sosial merupakan hal yang berbeda dengan pemasaran di media sosial pada umumnya, dikarenakan kampanye media sosial memiliki fokus tertentu dan juga indikator yang tepat. Anda harus dapat memahami dan juga mampu membedakan kedua istilah tersebut dengan baik.
Berbagai macam jenis produk atau brand pun telah melakukan kampanye media sosial sebagai salah satu bentuk usaha pemasaran yang dilakukan, tentunya dengan menggunakan berbagai macam jenis konsep dan tujuan tertentu yang disesuaikan dengan jenis produk yang dimiliki oleh si pengusaha tersebut.
Ketika melakukan media sosial campaign, sudah seharusnya Anda menentukan tema dan juga konsep yang sesuai dengan produk yang akan Anda kampanyekan, sehingga akan terkesan selaras dan dapat lebih menarik minat dan juga ketertarikan pembeli. Untuk menentukan tema tersebut, Anda harus melakukan riset secara mendalam dan juga akurat terlebih dahulu.
Apa Saja Tujuan dari Media Sosial Campaign?
Tujuan kampanye dengan menggunakan media sosial antara lain yakni dapat menjalin hubungan baik dengan konsumen, mengingkatkan brand awareness, mendorong penuualan, meningkatkan traffic website, dan juga meningkatkan brand secara keseluruhan.
Beberapa Media Sosial yang Biasa Digunakan dalam Kampanye Media Sosial
Media Sosial WhatsApp
Media sosial yang satu ini merupakan medi sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat umum, yang mana dijadikan sebagai media komunikasi, baik dalam berkirim pesan ataupun melakukan panggilan. Media yang dirilis tahun 2009 ini menjadi media yang digunakan oleh semua kalangan, baik muda, tua, atau para remaja.
Dengan demikian, peluang keberhasilan dalam menggunakan media sosial yang satu ini sebagai media dalam melakukan promosi usaha sangatlah besar. Anda juga dapat menarik lebih banyak konsumen dengan menggunakan media sosial yang satu ini.
Media Sosial Tik Tok
Media sosial ini belakangan sangat digandrungi sehingga menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia 2022 untuk bisnis online. Media tersebut juga digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga kalangan orang dewasa, sehingga tak jarang jika media tersebut dimanfaatkan menjadi media promosi produk.
Orang-orang seringkali membuat konten yang berisi foto-foto produk maupun video ulasan yang kemudian diunggah melalui media sosial tik tok. Bisa Anda bayangkan bahwasannya sebanyak orang yang menggunakan media sosial ini menonton konten iklan yang Anda bagikan, maka akan semakin banyak pula peluang orang yang tertarik terhadap produk Anda tersebut.
Perlu Anda ketahui bahwasannya tik tok menempati posisi 5 aplikasi teratas di App Store, sehingga sudah pasti banyak yang tertarik dan banyak yang menggunakan. Bahkan para tokoh publik seperti artis atau influencer lainnya pun menggunakan media sosial yang satu ini untuk media promosi juga, jadi tidak ada salahnya untuk Anda coba.
Media Sosial YouTube
Media Sosial selanjutnya yang memiliki banyak pengguna adalah YouTube, yang mana media sosial yang satu ini telah menempati peringkat 4 aplikasi teratas dan tidak perlu diragukan tingkat penggunannya. Para conten creator pun menggunakan media sosial yang satu ini untuk membagikan berbagai macam konten yang berhasil dihasilkan.
Oleh karenanya, media sosial yang satu ini termasuk media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia 2022 untuk bisnis online. Media sosial yang satu ini termasuk media sosial yang banyak digandrungi karena bersifat multifungsi. Dengan demikian, orang dapat memanfaatkan media sosial yang satu ini dalam berbagai bidang.
Bisnis online dengan memanfaatkan media sosial yang satu ini dalam dunia pemasarannya terbukti dapat meningkatkan presentase ketertarikan para pelanggan. Jika Anda kurang yakin, Anda dapat memanfaatkan jasa para konten kreator atau para influencer untuk membuatkan Anda konten iklan yang dapat membantu.
Banyak sekali media sosial yang bisa Anda gunakan untuk membantu bisnis online yang tengah Anda jalankan, yang mana akan meningkatkan jumlah pembeli dan juga menarik perhatian para calon konsumen dari produk Anda.
Setelah membaca ulasan di atas, tentunya Anda dapat memahami bahwasannya media sosial campaign sangat penting untuk dilakukan demi kelancaran dan keberlangsungan usaha Anda. Selain itu, media sosial juga merupakan media yang sangat efektif digunakan untuk kampanye.