Beberapa contoh dan cara promosi produk menggunakan e-commerce patut Anda coba. Semakin sering digunakan dan dipraktikkan, maka akan semakin memperbesar peluang produk Anda dilirik oleh banyak orang.
Tak hanya bermanfaat untuk menaikkan permintaan produk, contoh dan cara promosi yang tepat juga bisa membuat branding Anda sebagai seller semakin bisa dipercaya. Ketika semua usaha sudah dilakukan, maka lambat laun, konsumen akan lebih peka pada produk Anda, kemudian berminat ingin mencobanya.
Contoh dan Cara Promosi Produk melalui E-Commerce
Bagaimana mempromosikan produk agar semakin banyak mendapatkan perhatian konsumen? Di bawah ini akan dijelaskan beberapa pelaksanaan cara memasarkan konten dan produk Anda melalui akun marketplace dan e-commerce agar lebih efektif.
Memastikan Produk Tepat Sasaran
Memasarkan produk pada orang-orang yang tepat akan membuat permintaan barang yang diiklankan menjadi semakin meningkat. Oleh karena itu, Anda bisa mengetahui target pasar dengan beberapa riset yang akan menemukan persona dari para kriteria pembeli yang akan melakukan transaksi pada akun Anda.
Menyediakan Produk dengan Kualitas yang Menawan
Jika Anda memiliki produk kualitas unggulan, maka cara promosi produk menggunakan e-commerce akan semakin mudah dilakukan. Orang-orang yang sudah mengetahui kualitas brand yang diiklankan akan merasa percaya dan akan lebih cepat dalam melakukan pembelian di dalam akun Anda.
Memaksimalkan Media Sosial Lainnya
Kekuatan lainnya dalam mendukung perkembangan akun e-commerce Anda yakni menautkan ke segala media sosial lain yang dimiliki. Dengan cara ini, pertumbuhan akun dan peningkatan permintaan produk juga akan berbanding lurus. Anda bisa menggunakan Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, atau Tiktok sebagai senjata tambahan.
Rutin Beriklan Setiap Hari
Konsistensi dalam melakukan iklan adalah upaya dalam membangun branding menjadi lebih baik. Ini bagian dari cara promosi produk menggunakan e-commerce agar semakin cepat menyasar pada konsumen yang tepat. Selain itu, menyediakan iklan setiap hari artinya Anda siap bertumbuh dan menerima banyak order di hari-hari yang akan datang.
Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan agar konsistensi dalam beriklan bisa terus dilakukan. Apa saja yang harus dilakukan.
1. Membuat jadwal konten harian
Menyiapkan bisnis tentu harus mempersiapkan segala hal dengan matang. Tak terkecuali pada konsep dan konten marketing yang akan dijalankan. Anda perlu membuat jadwal konten harian pada e-commerce yang akan dijadikan sarana menyajikan iklan.
2. Mencari tema atau topik yang sedang ramai diperbincarngkan
Di antara keunggulan marketing digital yakni kemudahan dalam mengakses segala informasi terkini. Maka, Anda juga akan lebih mudah dalam menemukan konten yang sedang viral, kemudian melakukan modifikasi pada iklan yang akan ditampilkan. Ini jadi salah satu cara promosi produk menggunakan e-commerce yang cukup efektif dilakukan.
3. Beriklan pada jam prime time
Seluruh marketplace dan media sosial memiliki jam prime time masing-masing. Jam prime time merupakan satu acuan untuk pemilik akun untuk bisa mendapatkan view lebih banyak. Dengan demikian, jumlah engagement yang akan terjadi juga akan semakin besar. Tentu saja, Anda wajib melakukan riset pada tiap-tiap platform kemudian menyesuaikan kontennya.
4. Melakukan evaluasi konten
Jika promosi sudah digalakkan secara optimal tetapi hasilnya belum sesuai harapan, maka perlu adanya evaluasi yang dilakukan. Hal ini bertujuan agar terjadi pembenahan di dalam tim dan penyusun konten agar lebih baik dalam menghadirkan iklan sehingga semakin banyak mendatangkan pembeli.
Menjelaskan Kualitas Produk Anda
Upaya yang bisa terus dilakukan agar masyarakat makin aware dengan produk Anda yakni dengan terus menjejali konsumen dengan keunggulan produk Anda. Siapkanlah konten yang membahas kebaikan produk secara berkesinambungan, sehingga para calon pembeli semakin merasa penasaran.
Rasa penasaran ingin mencoba akan menjadi batu loncatan membuat mereka segera melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan. Dengan demikian, dapat dikatakan bila cara promosi produk menggunakan e-commerce telah berhasil digalakkan. Meski telah berhasil menggaet konsumen, iklan dan penjabaran kualitas ini harus terus dilakukan.
Menguasai Teknik Menulis Iklan yang Ciamik
Agar penjualan produk semakin meningkat, maka cara promosi produk yang benar dalam beriklan juga harus seimbang. Di bawah ini akan dijelaskan tips dalam membuat teknik iklan yang susah ditolak.
1. Buka dengan kalimat menggugah
Kalimat pembuka iklan merupakan gerbang untuk membuat konsumen tertarik pada konetn iklan Anda secara keseluruhan. Kalimat pertama yang bisa diluncurkan yakni berkaitan dengan permasalahan yang kerap dialami konsumen.
Misalkan dengan pertanyaan, “Apakah Anda bermasalah dengan kulit kusam?” “Apakah Anda sedang mencari produk pelangsing tanpa penyiksaan?” “Tahukah Anda terdapat metode menulis yang efekti?”Memancing konsumen dengan pertanyaan, umumnya jadi contoh jitu copywriting dan cara promosi produk menggunakan e-commerce dengan cepat.
2. Berikan pesan konten yang langsung pada tujuan
Tujuan pemasaran konten yang ingin dicapai dalam promosi iklan dapat diselipkan pada tengah konten. Baik penawaran, turun harga, cuci gudang, atau sejenisnya, sah-sah saja sebagai materi konten. Umumnya, pilihan promo dengan harga coret dengan iming-iming potongan harga atau fee ongkos kirim akan membuat konsumen terpikat.
3. Tutup iklan dengan CTA yang Tepat
CTA atau call to action jadi salah satu strategi marketing yang tak boleh Anda lewatkan. Di sini, Anda merujuk pada ajakan atau anjuran untuk segera melakukan order pada produk yang diiklankan. Misalkan dengan mencantumkan nomor ponsel atau link pembelian pada marketplace yang disediakan.
Dengan praktik dan evaluasi aneka contoh dan cara promosi produk menggunakan e-commerce di atas, maka diharapkan konsumen bisa semakin mengetahui pilihan produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga, para pelanggan akan langsung mendatangi produk toko online Anda jika ingin mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan mereka.