Setiap hari manusia tidak terlepas dari kebutuhan bertukar informasi. Baik informasi yang sepele, hingga paling penting. Oleh karena itu, media penyampaian informasi diperlukan.
Media yang digunakan perlu memiliki kemampuan untuk melakukan pembaruan. Sehingga manusia tidak tertinggal informasi. Inilah yang menjadi bagian karakteristik media online. Lainnya, secara umum ada sepuluh. Berikut di antaranya.
- Bersifat Cloud Storage
Jika dahulu orang menyimpan informasi menggunakan compact disc (CD), kemudian bertransformasi menjadi flasdiks yang lebih efektif dalam penyimpanan dan ruang lebih luas.
Namun keberadaan internet mampu melebihi kapasitas penyimpanan keduanya. Informasi lama beberapa tahun dapat ditelusuri. Sistem penyimpanan data yang dimaksud dengan menggunakan cloud storage.
Cloud storage berarti penyimpanan awan. Biasanya penyimpanan ini dikirim melalui salinan ke penyedia layanan cloud. Selanjutnya server akan memberikan akses untuk mengunduh dan melakukan perubahan.
Lalu bagaimana dengan google yang mampu menyimpan banyak informasi? Google menyimpan menggunakan teknologi storage. Storage berisi ribuan hardiks. Teknologi ini mampu menganalisa data mana yang dipakai dan tidak, serta mana yang sama. Kecepatan akses juga tinggi.
- Bersifat Interaktif
Karakteristik media online berikutnya adalah interaktif. Interaktif sendiri berarti kegiatan komunikasi dua arah. Karena aksi yang dilakukan dapat secara langsung memiliki hubungan timbal balik.
Timbal balik ini dapat berupa respon antarpengguna, polling, chat, komentar, bahkan live streaming. Ketika ingin bertukar informasi, dalam bentuk tulisan panjang, maka yang dapat dilakukan ialah menuliskannya langsung atau berkirim link atau backlink.
Untuk berkirim pesan, setiap platform media online memiliki karakteristik tersendiri. Contohnya Twitter ini hanya bisa berkirim pesan maksimal 280 karakter. Sebelumnya hanya 140 saja. Hal ini disebabkan karena pengguna Twitter tidak sama dalam mengedit cuitan di composer.
Hal tersebut diungkapkan oleh Aliza Rosen (2017) dalam Blog Twitter. Terlebih karakter media online yang digunakan oleh setiap bahasa bangsa memiliki muatan simbol berbeda. Bahasa Indonesia lebih banyak menghabiskan karakter, dibandingkan bahasa Cina, Jepang, dan Korea yang bertahan di 140 karakter.
- Bersifat Multifungsi
Karakter lainnya dari media online ialah memiliki fungsi lebih dari satu. Dewasa ini, terlebih pandemi dua tahun terakhir di dunia khususnya Indonesia memberikan dampak pada beberapa aspek kehidupan.
Hampir semua kegiatan dilakukan secara online. Internet tidak hanya menyediakan informasi, melainkan hiburan, sekaligus sebagai marketplace. Ini menunjukkan bahwa dunia maya mengambil alih sebagian besar aktivitas fisik.
Bertemu tanpa bertatap muka langsung dapat dilakukan dengan media online. Bahkan pengguna dapat mengakses lebih dari satu platform dalam satu perangkat. Selanjutnya kegiatan ini disebut dengan multitasking, yang berarti melakukan banyak hal dalam satu waktu.
- Selalu Melakukan Pembaharuan
Karakteristik media online berikutnya ialah selalu baru dalam beberapa waktu. Bahkan tidak menunggu waktu lama, setiap hari informasi di internet mengalami perubahan dan pembaharuan.
Karena internet menjadi ladang paling luas untuk menuliskan dan menyampaikan informasi harian lebih cepat sampai pada pengguna. Di samping itu, ada fitur notifikasi pop up. Dengan fitur ini, pengguna mendapat informasi yang muncul sebagai pengingat.
Pengguna akan diingatkan dengan hal yang belum dibuka. Bahkan jika ada pembaharuan kembali, yang belum dibuka tetap diingatkan. Ada juga sistem langganan, sehingga pengguna dapat menerima informasi setiap hari.
- Luas Jangkauan Melebihi Batas Regional
Kalau Anda ingin mengecek lokasi suatu tempat, Anda tidak perlu datang survei ke tempatnya langsung. Internet telah menyediakan fitur google map. Jangkauan yang diberikan begitu luas hingga dapat menunjukkan jalan.
Navigasi dapat mengarahkan Anda pada tempat tujuan. Bahkan jarak dan waktu tempuh dapat dihitung, termasuk halangan kemacetan dan jenis kendaraan dapat ditentukan. Karakteristik media online pada luasnya jangkauan sangat membantu.
Di samping itu, dapat melewati batas regional Anda. Terhubung dengan orang-orang tidak lagi harus melewati batas wilayah, atau menggunakan nomor tertentu kenegaraan. Melainkan dapat menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Twitter, instagram, dan sebagainya.
- Bersifat Evaluatif
Media online memiliki fitur mengunggah, hapus, atau perbaiki. Jika tidak ada kesalahan unggah, Anda dapat memperbaiki secara langsung tanpa harus menunggu perizinan akses masuk.
Di samping itu, karena karakteristik media online memiliki pembaharuan, maka Anda dapat melakukan klarifikasi antarinformasi yang dibuat. Terlebih jika informasi yang disajikan berupa hasil penelitian dan perkembangan.
- Bersifat Persuasif
Media online memiliki karakteristik persuasif. Sebab di antara informasi yang disajikan, pemilik akun beberapa di antaranya memiliki tujuan untuk memasarkan produk yang dimiliki. Baik berbentuk gambar, ataupun tulisan.
Unsur iklan dalam visualisasi yang ditampilkan menunjukkan sifat persuasif. Di samping itu adanya opini yang berkembang, membuat trafik pencarian tertuju pada satu informasi yang sama. Sehingga tampil di beranda.
- Bersifat Promotif
Namun ada juga Karakteristik media online yang sifat persuasifnya diikuti kerja sama antara beberapa pihak yang melakukan kesepakatan. Contohnya ketika Anda menemukan tulisan diikuti iklan dengan pembeda sangat jelas.
Ketika pengguna membaca beranda, perbedaan tampilan iklan menunjukkan sifat promotifnya. Terlebih jika Anda sedang mencari produk tertentu. Beranda langsung menunjukkan marketplace.
- Bersifat Berbagi Sebanyak-banyaknya.
Media sosial yang ingin terus diakses, maka dia harus sering up to date informasi. Fungsinya jika tadi dijelaskan ada sistem storage, maka data yang berbeda dan bertumbuh akan ditampilkan. Sedangkan yang tidak, akan disimpan.
Oleh karena itu, media sosial baik tujuannya apapun tetap harus melakukan pembaruan. Sebab dengan pembaharuan yang muncul menunjukkan keaktifan dan masih beroperasinya akun. Kecenderungan berbagi menunjukkan hal tersebut.
- Menghibur dan Mengedukasi
Selain memiliki sifat berbagi, media online tidak hanya berfungsi promosi tetapi juga berbagi ekspresi kebahagiaan dan bertujuan menghibur publik.
Di satu sisi, ada sifat edukatif. Biasanya menunjukkan cara dan metode dalam melakukan suatu hal. Lebih mudah mengakses pendidikan tanpa harus ke lembaga resminya.
Itulah kesepuluh karakteristik media online secara umum. Bagaimanapun media, adalah tempat dan ruang yang dapat diisi dengan berbagai jenis aktivitas.