Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia terus menggeliat disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang selalu naik. Perkembangan ini pastinya menuntut pelaku UMKM untuk lebih kreatif serta inovatif dalam menata siasat pemasaran yang ampuh. Seperti apakah strategi pemasaran yang ampuh untuk UMKM?
Sebuah UMKM akan susah untuk berkembang bila pelaku usahanya tidak mengenali bagaimana cara memasarkan sebuah produk secara efisien. Berikut ini ada beberapa strategi pemasaran yang ampuh untuk UMKM yang dapat Anda terapkan untuk memasarkan produk bisnis UMKM Anda.
Membuat Produk yang Unik
Buat produk unik yang mempunyai keunggulan daripada produk lainnya yang sejenis. Kompetitor pasti ada dimana-mana bila produk ataupun jasa yang ditawarkan tidak mempunyai keunggulan, maka akan sulit bagi Anda untuk bersaing. Tidak cuma itu, disamping unik dan bermutu tinggi, produk yang akan Anda jual pun harus dapat memenuhi keperluan konsumen. Sejalan dengan kemajuan zaman dan teknologi, keperluan konsumen juga ikut berganti, makanya inovasi mesti terus dilakukan secara teratur untuk membantu Anda dalam memenangkan persaingan pasar sehingga pelanggan Anda loyal pada produk atau yang Anda jual.
Jadilah Networker
Networker merupakan seseorang yang mempunyai jaringan yang amat luas dan mempunyai sifat optimis dalam menjalani bisnis. Bila Anda bukanlah seorang networker yang kompeten, maka saat ini merupakan waktu yang tepat untuk Anda guna belajar jadi seorang networker. Bila kurang percaya diri, Anda dapat menggunakan seorang tenaga pemasaran yang dapat dipercaya sebagai ujung tombak untuk memperluas jaringan bisnis UMKM Anda.
Memastikan STP
STP merupakan kependekan dari rangkaian kata Segmenting, Targeting, dan Positioning. Ketiga hal itu saling terkait satu dengan lainnya. Guna memasarkan produk ataupun jasa UMKM, Anda mesti menetapkan segmenting (segmentasi pasar) yakni dengan meletakkan konsumen dalam sub-kelompok di pasar produk/jasa agar para konsumen mempunyai respons yang nyaris sama dengan strategi pemasaran dalam penetapan kedudukan perusahaan. Bila sudah menetapkan segmentasinya, Anda mesti memastikan target (targeting atau pasar) dimana Anda mesti menilai beragam segmen itu untuk menentukan siapa yang menjadi sasaran pemasaran produk Anda.
Sesudah penentuan segmenting dan targeting, kini Anda harus memastikan posisi (positioning) produk yang menjadi paduan aktivitas pemasaran yang dilakukan manajemen guna memenuhi kebutuhan dan keinginan setiap target pasar. Ketiga strategi itu mesti dijalankan dengan baik guna mencapai pemasaran yang optimal.
Menggunakan E-commerce
Dengan menggunakan e-commerce maka bisnis Anda mempunyai peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas bahkan taraf dunia atau global. Di dalam bisnis ini , e-commerce bisa mendukung pemangkasan rantai panjang distribusi sehingga konsumen bisa mendapatkan sebuah produk dengan harga yang murah. Pemasaran produk memanfaatkan e-commerce mempunyai beberapa keuntungan seperti murah dan efektif, mempunyai akses tiada batas, dan mempersingkat jarak distribusi produk/jasa.
Konsisten
Konsistensi dalam melakukan strategi pemasaran/marketing adalah hal utama. Disamping kreatif, pelaku UMKM juga diminta untuk dapat selalu konsisten dalam melakukan strategi pemasaran yang dipilihnya. Hal ini perlu sebab kepercayaan konsumen akan tercipta bila Anda konsisten di bidang bisnis yang ditekuni dan menjadi seseorang yang kompeten di dalamnya.
Demikianlah sejumlah kiat atau strategi pemasaran (marketing) yang bisa Anda terapkan dalam upaya untuk mengembangkan bisnis UMKM yang Anda miliki. Di dalam suatu usaha atau bisnis, disamping melakukan siasat marketing, Anda pun penting menyusun laporan keuangan guna mengetahui dan mengevaluasi untung-ruginya bisnis yang tengah Anda jalankan.