7 Strategi Marketing Online yang Ampuh Menaikkan Penjualan

Internet sudah mengubah berbagai hal di dunia, tak terkecuali bidang usaha. Di masa kini usaha akan semakin sulit sukses bila tak menggunakan internet, khususnya aktivitas pemasaran. Tetapi tak usah cemas pada ulasan sekarang kita akan mengupas strategi marketing online yang ampuh untuk usaha anda!

Apa Itu Strategi Marketing Online?

Strategi merupakan paduan rencana dan teknis penting untuk meraih kemenangan. Dengan begitu, strategi marketing online merupakan rencana dan teknis guna menjalankan marketing memakai internet.

Strategi Marketing Online yang Ampuh Untuk Usaha

Terdapat berbagai strategi marketing online untuk menaikkan penjualan yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Social Media Marketing

Strategi marketing online yang ampuh pertama ialah social media marketing. Dari 274 juta penduduk di Indonesia, 170 juta kepala merupakan pemakai aktif media sosial. Oleh sebab itu, media sosial merupakan salah satu platform paling ampuh untuk mengaplikasikan strategi pemasaran anda.

Terdapat sejumlah platform media sosial paling tren dipakai masyarakat Indonesia, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok. Namun begitu, anda harus menyediakan berbagai strategi pemasaran online sekaligus sebab algoritma tiap media sosial berlainan.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan usaha strategi pemasaran online untuk menaikkan penjualan lewat indexing Google. Jika kita memiliki website dengan konten-konten menempati urutan 1 Google, maka brand exposure kita akan lebih bagus dibandingkan pesaing dengan urutan di bawah kita. Untuk menjalankan strategi SEO, Anda harus membuat konten-konten website yang cocok dengan ketentuan indexing Google.

Search Engine Marketing (SEM)

Sepintas, SEM terlihat sama dengan SEO. Namun, strategi SEO dijalankan secara organik, murni tanpa mengeluarkan biaya. Sementara itu SEM membutuhkan Anda untuk membayarkan sejumlah uang untuk biaya iklan pada Google.

Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu dari sekian banyak taktik pemasaran online yang ampuh dilakukan lewat media sosial. Content marketing ini dapat berupa artikel, gambar, ataupun video. Dalam penerapan strategi content marketing, anda dapat memakai teknik soft-selling, hard-selling, dan semacamnya.

Namun, anda harus ingat bahwa content marketing amat tergantung terhadap tren. Bila akan mengaplikasikan strategi ini, pastikan anda senantiasa melakukan riset jenis konten yang tengah digemari pasar.

Visual Marketing

Visual marketing merupakan cabang dari content marketing, namun strategi pemasaran online satu ini fokus kepada seni visual, yakni gambar dan video. Sejumlah contoh konten yang tergolong dalam visual marketing ialah hasil fotografi, digital art, sketsa, dan video iklan.

Bila anda akan membangun toko online, visual marketing merupakan salah satu strategi pemasaran online shop yang harus anda pahami. Bila belum memiliki keterampilan menyunting, anda dapat mengawalinya dengan belajar tentang fotografi produk.

Email Marketing

Email merupakan salah satu platform komunikasi online paling seimbang dibandingkan platform-platform yang lain. Oleh sebab itu, email marketing merupakan salah satu taktik marketing yang harus anda jajal.

Anda tak perlu mengeluarkan biaya terlampau banyak untuk mengaplikasikan email marketing. Cukup menyiapkan lis email customer dan konten emailnya saja. Bila mau proses email marketing lebih gampang, anda bisa memakai alat otomasi pengiriman dari beberapa developer di internet.

Social Media Ads

Di samping content marketing anda pun bisa mempraktikkan strategi pemasaran online yang ampuh berbentuk iklan di media sosial. Sama seperti SEM, program ini berbayar selaras tujuan pemasaran yang hendak anda raih.

Sepanjang ini, program social media ads paling terkenal digunakan pelaku usaha ialah Facebook dan Instagram Ads. Bersamaan makin terkenalnya aplikasi Tiktok, sekarang sudah lahir pula program Tiktok Ads.

Apa saja media sosial yang Anda pilih untuk menjalankan iklan, pastikan anda sudah memperhitungkan kesesuaian media sosial itu dengan tujuan pemasaran. Di samping itu, jangan lupa menyiapkan konten iklan selaras karakteristik sasaran kampanye iklan anda.

Demikianlah uraian tentang 70 strategi marketing online yang ampuh untuk anda aplikasikan dalam menjalani usaha. Apa pun taktik pilihan anda, pastikan strategi itu telah dipertimbangkan pengaruh positif dan negatifnya untuk bisnis.

Bagikan Artikel