Strategi menggunakan media online untuk promosi bukan hal asing. Sebab media online memiliki peluang sangat luas untuk membantu memasarkan produk dan jasa dalam perkembangan bisnis.
Di samping itu, mudahnya akses dan perluasan jangkauan termasuk kelebihan dari media online untuk bisnis. Semakin banyaknya pengguna pada setiap platform yang berbeda, menumbuhkan pangsa pasarnya. Berikut ini 8 di antara banyaknya media online yang digunakan promosi.
- Beranda Facebook Menjadi Marketplace
Istilah marketplace sebenarnya berarti tempat memasarkan. Namun jika yang dimaksud adalah Facebook, maka Facebook memiliki kemampuan sebagai marketplace. Karena untuk promosi, Facebook menyediakan fitur yang bisa digunakan pengguna.
Cara menggunakannya cukup mudah, namun Anda perlu mengecek dulu halaman peran untuk memastikan peran. Setelah itu klik promosi, unggah promosi dan beri keterangan, setelah itu Anda perlu memilih apa saja yang akan Anda tampilkan di promo. Setelah itu, klik akhir promosi.
- Viral di TikTok dengan Fyp atau Kolaborasi
Jika Anda memiliki akun TikTok, Anda dapat memanfaatkan hal-hal yang sedang berkembang di TikTok. TikTok sebagai distributor platform mampu menjadi media online untuk bisnis. Seiring waktu, TikTok tidak sekedar berbagi video hiburan tetapi juga promosi.
Uniknya promosi TikTok dapat dilakukan dengan menambahkan hastag fyp atau fyi atau mengikuti trend fyp. Fyp merupakan singkatan for your page, sedangkan fyi, for your information. Hastag ini menunjukkan konten untuk dibagikan. Tetapi ada juga karena fyp sistem algoritmanya.
TikTok memiliki sistem algoritma yang dapat mendeteksi video yang menarik. Sehingga dapat masuk fyp tanpa bantuan hastag fyp. Sehingga menaikkan penonton dan pengikut. Selanjutnya mudah untuk digunakan sebagai promosi.
- Desain Instagram yang Menarik
Instagram dapat menjadi media online untuk bisnis. Instagram memiliki wall yang dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan minat pemiliknya. Konsistensi mengunggah dan tipe unggahan mampu menarik pengikut.
Di samping itu, instagram memiliki desain simpel yang terus berkembang namun tetap mempertahankan desain yang simpel. Tanpa harus mengganggu fokus untuk melihat unggahan. Promosi lebih mudah dilakukan.
Selain itu, Anda dapat melakukan promosi melalui reel, status, dan postingan. Jika Anda berminat menggunakan live streaming, Instagram juga menyediakan fitur ini untuk dapat berinteraksi langsung dua arah.
- Platform Marketplace dengan Berbagai Promo
Marketplace meskipun bukan termasuk media sosial berbagi pesan dan informasi, termasuk bagian dari media online untuk bisnis. Memang hakikatnya untuk bisnis. Karena di dalamnya para penjual menawarkan barang dan jasa.
Platform marketplace tertentu bukan bawaan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Namun termasuk media online karena hanya dapat diakses secara online. Untungnya platform ini memiliki sistem berbagi tautan di media sosial.
Marketplace ini banyak sekali. Sampai beberapa orang mengingat marketplace tertentu unggul pada promosi tertentu meskipun sebenarnya mempromosikan banyak produk. Macamnya banyak. Meliputi Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan banyak lainnya.
- YouTube Mulai dari Unboxing Hingga Pre-order
Media online untuk bisnis selanjutnya ialah YouTube. YouTube berawal dari sebuah platform yang hampir mirip dengan TikTok. Namun durasi YouTube lebih panjang, bisa lebih dari dua jam. Sedangkan TikTok dibatasi.
Namun saat ini ada YouTube Short movie yang bertaut dengan TikTok. Sehingga untuk promosi yang berasal dari TikTok bisa beralih ke YouTube. Selain itu, YouTube mampu menyerap penonton hingga ribuan karena pengisi konten bersedia melakukan unboxing produk.
Media online untuk bisnis ini rela mengeluarkan modal untuk membeli produk, membuat video membuka paket dan mencobanya. Dengan modal ini, penonton lebih tertarik. Di samping itu, adanya pre-order untuk produk yang sama dan rekomendasi menjadi peluang yang baik bagi bisnis.
- Ulasan di Blogger atau Web
Bagi Anda yang senang dengan media online untuk bisnis dalam bentuk tulisan, maka Blogger atau Website jadi jawabannya. Beberapa orang dapat membuat tulisan dengan bantuan google trends.
Google trends menyajikan tema yang sedang berkembang. Anda dapat menuliskan sesuatu yang sedang berkembang di website, dengan kata kunci tertentu. Sehingga SEO dapat bekerja untuk mencari kata kunci.
Sayangnya, untuk menggunakan blogger sebagai media online untuk bisnis, Anda perlu meningkatkan trafik dengan bantuan iklan google ads. Jelas ini memiliki ketentuan tersendiri. Sehingga perlu proses untuk menjadi blogger atau website Anda muncul di awal beranda.
- WhatsApp Status dan Grup
Media online untuk bisnis yang akrab dengan kehidupan sehari-hari kita ialah WhatsApp. WhatsApp mulanya hanya berfungsi sebagai pengirim pesan singkat, dan berbagi informasi.
Namun masyarakat mulai menyadari bahwa menggunakan status WhatsApp dapat menjadi media promosi. Status yang diunggah di WhatsApp hanya bertahan 24 jam. Oleh karena itu unggahan dapat diganti atau dibuat berantai.
- Google Ads Untuk Shopping
Media online untuk bisnis selanjutnya ialah Google Ads. Beberapa pengguna internet dapat mendapatkan produk melalui google ads. Cara untuk menarik pelanggan dalam hal tersebut, Anda perlu melakukan kampanye melalui Google Shopping.
Cara mencarinya cukup mudah. Yakni dengan mengetikkan kata kunci di google. Maka google akan menunjukan di mana Google Shopping. Setelah itu Anda dapat mencari produk yang ditawarkan. Ini jelas dapat menjadi media yang baik. Sebab google jangkauan tanpa batas.
Efektivitas Penggunaan Media Online dalam Promosi
Kedelapan media online untuk bisnis tersebut bisa Anda gunakan untuk promosi. Kendati demikian, Anda juga harus melihat efektivitas pengguna pada media agar dapat menjangkau pelanggan.
Sebab setiap media sosial memiliki jumlah pengguna berbeda. Contohnya menurut Sindo,TikTok per Juli 2021 telah mencapai 1 Miliar pengguna dunia. Sedangkan menurut Internal Data Id Audience yang dikutip Suara Bogor, Indonesia per Juli 2021 pengguna TikTok mencapai 92,2 juta.
Trafik pengguna setiap media online untuk bisnis perlu disurvei pelaku bisnis. Mengoptimalkan fungsi dan kinerja promosi bisa dilakukan dengan tepat guna. Tidak sekedar posting visual satu arah, tetapi bisa berinteraksi untuk mengetahui permintaan, dan menarik pelanggan.