Ketahui Penyebab dan Solusi untuk Produk yang Tidak Laku di Pasaran

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, produk usaha merupakan perkara yang sangat penting dan harus sangat diperhatikan oleh si pemilik usaha seperti Anda. Seringkali terjadi kendala seperti halnya tidak lakunya produk atau semacamnya, sehingga Anda perlu mengetahui penyebab dan solusi produk tidak laku di pasaran.

Terdapat banyak sekali faktor yang menyebabkan tidak lakunya suatu produk usaha, baik yang berasal dari internal ataupun eksternal, sehingga penting sekali bagi Anda untuk menganalisis hal-hal yang dapat melatarbelakangi hal tersebut. Berikut adalah ulasan lanjutan yang dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam melakukan analisis terhadap usaha Anda.

Faktor Internal Sebagai Penyebab Produk Tidak Laku di Pasaran

Penting adanya bagi Anda untuk mengetahui penyebab dan solusi produk tidak laku di pasaran, yang mana nantinya perkara tersebut dapat menjadi ancaman keberlangsungan usaha Anda. Dengan analisis permasalahan yang telah Anda lakukan tersebut, Anda dapat bergegas untuk mencari solusi terbaik yang dapat menyelamatkan usaha Anda.

Perencanaan Strategi Pemasaran yang Kurang

Perencanaan pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam dunia bisnis, di mana hal tersebut akan menentukan seberapa baik produk yang Anda miliki akan terjual. Oleh karena itu, tidak heran jika perencanaan strategi pemasaran yang kurang baik akan menjadi salah satu faktor internal yang dapat menyebabkan produk tidak laku.

Para pengusaha pada umumnya seringkali menganggap sepele perkara yang satu ini, padahal tahap perencanaan strategi pemasaran merupakan hal yang wajib Anda dan pengusaha lain lakukan sebelum mulai memasarkan produk kepada masyarakat luas, bahkan dapat dikatakan sebelum Anda mulai menjalankan bisnis yang akan Anda geluti.

Untuk solusi dari jenis permasalahan atau penyebab dari produk tidak laku yang satu ini adalah dengan cara melakukan perencaan strategi pemasaran dengan baik dengan segera, sebelum Anda melangkah lebih jauh. Selain itu, pastikan strategi pemasaran yang Anda buat tersebut tetap berorientasi kepada konsumen secara maksimal guna mencapai tujuan dari bisnis Anda.

Terlalu Lebarnya Target Pasar

Hal lain terkait penyebab dan solusi produk tidak laku di pasaran yang harus Anda ketahui adalah terlalu lebarnya target pasar yang Anda tetapkan di awal menjalankan usaha. Padahal, hal tersebut dapat menjadi penyebab produk Anda tidak laku terjual karena Anda akan terganggu fokusnya, tidak lagi ke pemasaran, melainkan ke golongan masyarakat yang ada.

Biasanya, seorang pengusaha menetapkan target pasar yang begitu luas adalah karena keinginan pengusaha tersebut untuk memperoleh keuntungan yang begitu besar. Padahal, hal tersebut sangat tidak dibenarkan, dan untuk solusi dari hal tersebut adalah membentuk target prioritas pasar agar pemasaran produk menjadi fokus dan tepat sasaran.

Jumlah Pemasok Bahan Baku yang Kurang

Produk yang cepat habis terjual pun sebenarnya akan mempengaruhi kebutuhan stok bahan baku, yang mana justru membutuhkan stok bahan baku yang lebih banyak. Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, seringkali para pengusaha menurunkan kualitas produk karena tidak menemukan titik terang dalam mencari stok bahan baku.

Penurunan kualitas produk tersebutlah yang menjadi penyebab di antara berbagai penyebab dan solusi produk tidak laku di pasaran yang harus Anda waspadai. Per penyebab dan solusi produk tidak laku di pasaran gantian pemasok bahan baku yang akan digunakan untuk cikal bakal produk Anda harus benar-benar diperhatikan.

Meskipun terjadi lonjakan penjualan, seharusnya kualitas produk Anda pun tetap berada pada standar baik yang telah ditetapkan sebelumnya, jangan sekali-kali diturunkan. Hal tersebut tentunya akan menjadi sumber kekecewaan para pelanggan yang akan menyebabkan penurunan permintaan konsumen.

Solusi untuk jenis permasalahan yang satu ini adalah dengan cara membuat list jumlah pemasok bahan baku produk Anda, dari mana saja mereka, dan bagaimana kualitasnya. Kecukupan jumlah pemasok bahan baku pun akan menghindarkan Anda dari permasalahan kurangnya bahan baku ketika terjadi lonjakan penjualan yang besar.

Harga Produk Terlalu Mahal

Hal lain yang menjadi penyebab produk tidak laku adalah karena harga yang Anda patok di awal penjualan terlalu mahal, yang mana orang yang merasa kesulitan untuk membeli pun tidak akan melirik produk usaha Anda tersebut, sehingga sebelum menentukan harga jual, Anda harus melakukan analisis mendalam.

Kesalahan dalam penentuan harga merupakan hal yang wajar terjadi, terlebih bagi para pemula dalam dunia bisnis, sehingga perlu sekali bagi mereka untuk mencari tahu secara mendetail terkait tata cara penentuan harga jual yang baik dan benar.

Anda dapat melakukan analisa dengan produk lain yang serupa, dan tentunya memiliki kualitas yang setara dengan produk Anda. Konsumen tidak salah dalam memilih, di mana mereka akan membandingkan produk yang serupa dengan Anda, dengan kualitas yang sama, dan harga yang berbeda, tentulah mereka akan memilih produk dengan harga yang lebih murah.

Penjelasan di atas merupakan bagian dari ulasan penyebab dan solusi produk tidak laku di pasaran yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui.

Kurang Matangnya Perencanaan Finansial

Permasalahan selanjutnya yang dapat menyebabkan produk usaha Anda tidak laku adalah kurang matangnya perencanaan finansial ketika menjalankan usaha tersebut, di mana urusan keuangan merupakan urusan paling krusial sehingga tidak boleh Anda kesampingkan dan harus direncanakan secara matang-matang.

Mengesampingkan perencanaan finansial dapat mengakibatkan suatu usaha gulung tikar, di mana pada umumnya dana akan habis sebelum modal kembali dan bisnis yang dijalankan tersebut berkembang dengan baik. Oleh karena itu, jangan sampai usaha yang tengah Anda rintis atau Anda jalankan tersebut gulung tikar akibat kurang matangnya perencanaan finansial.

Faktor Eksternal

Beberapa faktor eksternal dari penyebab dan solusi produk tidak laku adalah adanya persaingan antar competitor yang ada, sumber daya manusia yang rendah, dan penyebab lain yang harus Anda atisipasi ketika menjalankan suatu usaha.

Bagikan Artikel