Cara Mengembangkan Usaha Bermodal Kecil

Tidak sedikit orang yang memiliki cita-cita menjadi seorang pengusaha besar dan sukses. Tapi, hanya sedikit yang dapat merealisasikan cita-cita itu. Memang untuk mengembangkan bisnis atau usaha hingga jadi besar dari mulai awal tidak semudah membalikan telapak tangan. Terlebih jika modal yang tersedia kecil, pastinya akan kian berat. Lalu, bagaimana cara mengembangkan usaha dengan modal kecil?

Disamping modal, hal penting lainnya yang mesti dimiliki ialah mental baja tidak cepat menyerah dan putus asa harus dipersiapkan secara matang. Berikut ini ada beberapa tips mengembangkan usaha dengan modal kecil dengan mudah yang dapat Anda lakukan.

Memilih Jenis Usaha

Coba pilihlah jenis usaha yang cocok dengan kegemaran/hobi Andai. Dengan demikian, Anda tak akan merasakan berat dan terbebani saat menjalaninya. Bila sejauh ini hobi yang Anda lakukan cuma membuang uang saja, maka Anda dapat mulai berpikir bagaimanakah caranya supaya hobi yang Anda miliki dapat mendatangkan cuan. Contohnya untuk yang suka jalan-jalan bisa membangun usaha fotografi, jasa penyediaan tiket, travel, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Peralatan yang Ada

Anda dapat memanfaatkan perangkat yang ada terlebih dulu saat akan memulai usaha untuk memperkecil modal yang keluar. Bila nanti bisnis Anda sudah besar dan alat yang tersedia telah tidak memungkinkan, Anda baru dapat membeli berbagai peralatan baru yang lebih canggih.

Memilih Tempat/Lokasi yang Tepat

Lokasi adalah salah satu aspek utama dalam memulai bisnis. Dengan memilih lokasi yang ramai dan tepat dapat menyebabkan usaha Anda lebih mudah berkembang. Namun untuk usaha yang baru saja dimulai, janganlah ragu-ragu untuk menggunakan ruangan/kamar yang ada di sekitar rumah seperti garasi atau teras rumah. Pasalnya perusahaan besar dunia seperti Google awalnya berasal dari garasi rumah.

Memanfaatkan Media Sosial

Anda dapat menggunakan kecanggihan media sosial sekarang ini. Pasalnya dengan media sosial  Anda dapat menjalankan promosi yang menjangkau lebih banyak calon pelanggan sampai ke luar negeri dengan gratis. Cobalah untuk mulai mem-posting berbagai gambar menarik dan berikan beragam promo setiap harinya sehingga akan banyak calon pelanggan yang datang lantaran penasaran ingin mencobanya.

Gunakanlah Modal secara Bijak

Belilah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan sehingga jangan sampai modal telah habis cuma untuk membeli barang-barang yang tidak demikian penting di dalam usaha. Sebaiknya Anda membuat rencana belanja dengan lengkap dan detil supaya kelak tidak salah langkah dalam membelanjakan modal usaha.

Melibatkan Orang Terdekat

Libatkanlah beberapa orang di sekitar Anda seperti teman, saudara, kakak, adik atau istri/suami dalam membuka usaha sebab orang terdekat itu tentunya tak akan banyak menuntut kepada Anda. Kelak bila usaha yang Anda rintis telah berkembang dan menjadi besar, Anda pun dapat merekrut karyawan dari luar dengan kriteria yang dapat Anda pilih sendiri.

Pandai Membagi Waktu

Dalam mengembangkan usaha dituntut untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Jika perlu Anda dapat membuat rencana harian selama 1 bulan ke depan tentang apa saja yang mesti dilakukan sehingga tiada waktu yang terbuang percuma dan menunda-nunda pekerjaan membuat bisnis Anda tidak kalah saing dari kompetitor.

Melakukan Terus Inovasi Produk

Inovasi produk amat diperlukan oleh Anda yang ingin mempertahankan dan mengembangkan usaha mengingat pada prinsipnya rata-rata konsumen mempunyai sifat relatif mudah bosan dan mengharapkan inovasi baru sehingga mereka tidak akan pindah ke lain tempat.

Demikianlah 8 tips mengembangkan usaha dengan modal kecil dan dalam menjalani usaha jangan pernah bersikap setengah-setengah. Segala hal yang dilakukan, Anda mesti mempunyai keyakinan yang kuat. Apa saja yang dijual haruslah yang benar-benar terbaik.

Bagikan Artikel