Memaksimalkan cara beriklan di Instagram sebagai jembatan untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak, tentu menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan. Dengan melakukan iklan di media sosial, Anda akan lebih banyak menjangkau banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan.
Cara Beriklan menggunakan Instagram Ads dan IG Bisnis
Berikut ini akan dijelaskan beberapa langkah jitu untuk mulai memasarkan bisnis melalui media sosial Instagram. Anda bisa memulainya dengan IG Bisnis Organik (tanpa iklan, murni berdasarkan sistem yang ada dalam Instagram) maupun dengan menggunakan Instagram Ads (beriklan di dalam IG).
Beriklan dengan Cara Organik
Jika memutuskan untuk melakukan pemasaran organik, maka salah satu kunci utamnya adalah bersabar. Marketing di Instagram dengan cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Bagaimana langkah memulainya?
- Melengkapi profil usaha Anda
Cara beriklan di Instagram dengan sistem organik yakni dengan melengkapi semua hal yang menjabarkan usaha Anda dengan detail. Mulai dari nama, alamat, kontak, website, dan sejenisnya. Informasi yang lengkap akan memudahkan para pelanggan untuk menghubungi jika hendak melakukan pemesanan.
Anda bisa memaksimalkan informasi terkait bisnis dan online shop yang sedang dikelola dengan menuliskan pada bagian-bagian berikut ini.
- Nama profil: biasanya berisi 30 karakter, mudah ditemukan dan muncul di rekomendasi pencarian.
- Nama pengguna: gunakan maksimal 30 karakter, menyesuaikan dengan hasil penemuan di pencarian.
- Situs website: dapat diubah kapan saja, tidak ada batasan karakter.
- Kategori: bagian ini dapat diisi dengan penjelasn mengenai jenis bisnis yang dijalankan
- Info kontak: dapat diisi dengan informasi WA, IG, Facebook, Email atau lainnya agar konsumen lebih mudah menghubungi Anda.
- Meletakkan logo perusahaan Anda pada bagian profil
Cara beriklan di Instagram agar bisnis Anda sukses yakni bisa dengan menambahkan ikon atau logo pada profil. Hal ini akan membuat konsumen lebih peka pada logo usaha Anda di bagian foto profil. Umumnya, ukuran foto yang digunakan adalah 320×320 piksel.
- Teratur dalam postin konten
Keteraturan dan konsistensi dalam posting konten akan sangat berpengaruh pada performa akun Anda. Akan lebih efektif bila setiap hari memberikan update minimal satu kali, dibandingkan ketidakkonsistenan yang terjadi: hari ini posting 1x, besok posting 2x, lusa tidak posting, tulat posting 5x, tubin tidak posting.
Sebuah postingan yang konsisten akan membantu dalam menaikkan brand awareness pada produk Anda, sehingga akan muncul kepekaan ketika konsumen mendapati kata, produk, bentuk, atau warna yang mendeskripsikan toko online Anda.
- Menentukan tujuan mempromosikan akun di Instagram
Selain beberapa tips di atas, cara beriklan di Instagram akan lebih mudah dieksekusi ketika Anda paham tujuan dan faktor utama yang membuat Anda ingin mempromosikan produk di medsos satu ini. Upaya ini akan membuat Anda lebih mudah menentukan jenis iklan yang akan digunakan.
Beriklan dengan Menggunakan Ads Instagram
Di luar teknis pemasaran organik, Anda juga bisa menggunakan marketing berbayar dengan menggunakan Instagram Ads. Bagaimana langkah memulainya? Anda bisa menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.
- Memilih format Instagram Ads yang akan digunakan
Terdapat beberapa format yang bisa Anda pilih untuk memasang iklan di Instagram Ads. Di antaranya adalah sebagai berikut.
- Single Image Ads: Format yang paling sering digunakan, berupa gambar, caIption, kemudian tombol CTA (call to action)
- Instagram Carousel Ads: format ini biasanya memungkinkan Anda untuk mengunggah 10 gambar dan video yang saling tertaut satu sama lain.
- Instagram Video Ads: iklan Instagram dengan menggunak format video atau Gif
- Slide Show Ads: iklan jenis ini bisa menampilkan 10 gambar dengan tambahan musik sehingga bisa diputar berulang atau loop. Cara beriklan di Instagram menggunakan teknik ini cukup baik untuk dilakukan terus menerus.
- Instagram Lead Ads: iklan dengan cara mengumpulkan segala jenis informasi dari calon pelanggan yang ada di Instagram. Hal ini akan mengerucutkan konten pada target market yang tepat atau orang-orang yang membutuhkan produk Anda.
- Menggunakan sinkronisasi dengan akun Fanpage di FB
Langkah pertama yang Anda perlu lakukan yakni melakukan create ads dengan cara masuk pada Manager Facebook, klik Create Ads, kemudian menuliskan tujuan pembuatan akun. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk verifikasi akun yang tertaut dengan Facebook yang bersangkutan.
Cara beriklan di Instagram ketika bertemu dengan kategori tujuan mempromosikan akun, di antaranya bisa memilih awareness, traffic, dan conversion. Hal ini akan mengerucutkan tujuan hidup Anda pada brand yang sedang dikembangkan. Dengan memusatkan pada salah satu tujuan, maka Anda juga akan lebih mudah menyajikan konten yang sesuai.
- Menentukan jumlah anggaran dan jadwal iklan
Karena menggunakan Instagram Ads ini berbayar, maka Anda harus menentukan jumlah anggaran yang akan dilibatkan. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu mengatur jadwal untuk penayangan iklan agar lebih efektif menjangkau calon konsumen yang akan disasar.
- Menentukan format iklan yang akan digunakan
Setelah menentukan waktu penayangan, Anda juga akan diminta untuk memilih format yang akan digunakan. Anda bisa mengunggah gambar dan keterangan gambar, kemudian mengarahkannya untuk postingan Instagram bisnis Anda. Maka, dengan cara ini, postingan dari Fanpage FB akan tersinkronisasi dengan IG bisnis.
Menggunakan tips dan cara beriklan di Instagram untuk upaya menyukseskan bisnis online Anda memang memerlukan pemahaman yang baik dan kesabaran yang penuh. Dalam perjalanannya, akan banyak hambatan yang mungkin Anda hadapi. Oleh karena itu, memaksimalkan semua upaya tentu jadi salah satu hal yang wajib dilakukan pebisnis.