Cara Melakukan Promosi Produk Melalui E-commerce

Membuat promosi untuk meningkatkan penjualan adalah bagian dari strategi marketing. Namun, strategi ini perlu cara untuk menekan biaya promosi. Karena jika tidak, hasil penjualan tidak maksimal.

Kendati demikian promosi produk ada kalanya memang harus berani untuk mengeluarkan biaya yang besar. Terlebih jika Anda mulai awal membangun usaha. Tetapi jika itu beresiko, maka Anda dapat melakukan promosi melalui e-commerce atau perdagangan elektronik.

Mengapa E-commerce Dapat Menekan Biaya Promosi?

Pada dasarnya setiap bisnis telah ada manajemen bisnis. Menurut Akseleran manajemen ada 4, mulai dari manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen SDM, dan manajemen operasional.

Keempat manajemen tersebut membutuhkan biaya operasional. Untuk biaya promosi memang tidak semua bisnis membutuhkan promosi besar. Ada juga yang melakukan kerja sama. Sehingga mampu menghemat.

Jika promosi tidak memiliki strategi, dikhawatirkan dapat mengganggu keuangan yang lain. Untuk itu,  Anda dapat melakukan promosi melalui e-commerce atau perdagangan elektronik. Berikut beberapa di antaranya.

Promosi Menggunakan Kalimat Tanya yang Diunggah di Media Sosial Online

Pernahkah Anda tertarik menjawab suatu soal yang diunggah di media sosial, namun ternyata itu mengarah pada suatu produk. Itu termasuk bagian dari promosi.

Anda dapat menggali banyak pertanyaan pemantik untuk produk Anda. Pertanyaan dapat Anda munculkan dengan menggali permasalahan yang dapat diatasi dengan produk Anda.

Misalnya, masalah jerawat. Anda dapat memantik dengan pertanyaan “Apakah Anda memiliki masalah dengan kulit wajah?” Setelah pertanyaan, Anda dapat menambahkan jawaban dengan produk Anda.

Hal ini dapat Anda lakukan secara berkala. Dengan membuat jadwal. Bukan berarti setiap hari. Anda dapat memberikan pergantian status, dengan memberikan informasi dan pengetahuan.

Promosi Menggunakan Kalimat Pernyataan Pengalaman dan Penilaian yang Diunggah di Media Sosial Online

Jika sebelumnya Anda menggunakan kalimat tanya, Anda dapat menggunakan kalimat pernyataan sebagai variasinya. Kalimat pernyataan ini seperti halnya Anda memberikan penilaian atau komentar secara umum.

Misalnya Anda mengomentari tentang permasalahan kulit. “Kulit yang sehat bukan dari warna kulit yang kuning langsat atau sawo matang. Melainkan tidak menunjukkan bercak dan jerawat adalah salah satu indikator sehatnya.”

Dengan mengawali pernyataan, Anda dapat melanjutkan dengan pertanyaan. Bisa juga dengan penjelasan mengenai produk yang Anda tawarkan. Sekaligus menambahkan bukti sebagai penguatnya.

Promosi E-commerce Disertai Diskon Khusus

Setiap promosi melalui e-commerce, Anda dapat menggunakan banyak strategi. Termasuk yang sering Anda lihat dengan menggunakan diskon khusus.

Penggunaan diskon juga harus memerhatikan untung ruginya. Oleh karena itu strategi yang digunakan adalah pada harga dan laba yang perlu Anda tentukan di awal. Kemudian Anda perlu menentukan harga tambahan sebagai pengurang diskon.

Di satu sisi, ketika Anda membuat diskon jangan sampai membuat dua harga. Sehingga Anda kewalahan menentukan harga sebenarnya. Anda perlu menghitung, berapa laba tetapnya. Dengan begitu harga yang ditambahkan diskon tidak mempengaruhi laba yang didapatkan.

Atau, Anda dapat menggunakan strategi harga tetap dengan laba tetap. Namun untuk masa promosi Anda memberikan potongan harga. Sehingga Anda tetap dapat laba, namun laba Anda belum sepenuhnya.

Cara kedua lebih mudah dilakukan, karena Anda tidak perlu menghitung harga tetapnya. Di samping itu, Anda juga tidak sedang menipu pembeli. Ingatlah bahwa pembeli menjadi pelanggan tetap karena kepercayaannya. Inilah yang Akan butuhkan untuk tetap bertahan.

Promosi E-commerce Melalui TikTok

Anda tidak asing dengan promosi melalui e-commerce yang dilakukan di TikTok bukan?! Karena distributor platform ini tidak sekedar menjadi distributor video saja. Melainkan fiturnya bertambah menjadi marketplace.

Anda dapat memanfaatkan media TikTok untuk meningkatkan pemasaran. Karena sebagian orang tidak dihadirkan sebagaimana iklan di televisi, melainkan video TikTok tetap ada yang menghadirkan hiburan dan edukasi. Namun keranjang kuning sebagai fiturnya tidak mengganggu.

Cara tersebut tetap efektif. Mengingat TikTok memasarkan tidak murni sebagai sponsor yang lewat. Bahkan masih dapat dinikmati sebagai hiburan. Terlebih jika Anda berupaya memberikan diskon pada ongkir, pelanggan dengan senang hati mengklik.

Promosi E-commerce Melalui Review Produk

Selain dengan melalui distributor platform, promosi melalui e-commerce dengan review produk bisa lebih menarik dan lebih dipercaya oleh pengguna internet.

Mungkin ini akan membutuhkan biaya operasional sebagai peraga produk. Tetapi justru ini awal babak pelanggan menaruh kepercayaan kepada produk Anda. Selain itu, adanya testimoni dari pelanggan lain, dapat meningkatkan penjualan.

Membuat review produk dapat Anda lakukan dengan membuat video di YouTube atau TikTok. Untuk kecepatan video, Anda bisa memilih media TikTok. Namun untuk detailnya Anda dapat memilih YouTube.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki keduanya, Anda tetap dapat membuat video dengan mengunggah di media sosial lain. Seperti facebook dan Instagram. Kedunya memiliki fitur untuk menayangkan video.

Promosi dengan Live Streaming sekaligus Membangun Branding

Selain dengan menayangkan video, Anda dapat membuat event live streaming di media sosial Anda. Hal ini akan memudahkan calon pelanggan Anda berinteraksi dan mengetahui produk Anda.

Anda bisa melakukan demonstrasi produk Anda. Atau promosi melalui e-commerce dengan disertai informasi lain. Misalnya memberikan pelatihan atau seminar yang bermanfaat. Di sela-sela itu, Anda dapat menawarkan produk.

Produk yang ditawarkan bisa Anda berikan penjelasan apa saja manfaat dan keunggulan. Selain itu, tambahkan makna sosial di dalamnya. Visi dalam produk dapat memberikan makna lebib pada produk Anda.

Hal tersebut dapat membangun branding dari produk yang Anda tawarkan. Pembeli bisa saja tertarik dengan makna yang Anda tawarkan dibandingkan produknya. Misalnya Anda menawarkan produk ramah lingkungan untuk menjaga lingkungan.

Dengan begitu produk Anda dapat bernilai lebih. Harga yang diberikan akan sebanding dengan makna dan pengalaman yang didapatkan oleh pembeli. Pembeli akan mengingat Anda, dan produk yang ditawarkan.

Itulah sederetan promosi melalui e-commerce. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi media yang Anda miliki. Sekaligus menyesuaikan biaya yang digunakan untuk pemasaran.

 

Bagikan Artikel