Cara Menggunakan Google Ads untuk Online Marketing

Apakah Anda pernah mencoba cara menggunakan Google Ads? Atau masih belum tahu apa itu Google Ads? Di era sekarang, perkembangan teknologi yang semakin berkembang membuat segala sesuatunya ikut mengalami perubahan. Salah satunya adalah membuka bisnis yang mana sudah banyak bisnis online untuk menjangkau target.

Bisa dibilang Google Ads membantu suatu bisnis untuk menjangkau calon konsumen yang menggunakan mesin pencarian dalam mendapatkan informasi. Hal inilah yang membuat media tersebut berpotensi untuk mengantarkan pengguna yang mungkin membutuhkan suatu produk bisnis. Tidak heran jika mulai banyak pebisnis yang membuat iklan melalui media itu.

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Google Ads

Sebelum Anda mengetahui cara menggunakan Google Ads, ada baiknya untuk tahu lebih dalam mengenai Google Ads itu sendiri. Bisa dibilang Google Ads merupakan platform iklan online berbayar yang dikeluarkan oleh Google. Cara kerja dari platform ini adalah pengguna akan mencari kata kunci lalu mendapatkan hasil pencarian di halaman hasil mesin pencari.

Dari hasil pencarian inilah yang bisa mencakup iklan berbayar di mana terdapat penggunaan keyword tersebut. Banyak yang menganggap bahwa Google Ads sama dengan platform iklan berbayar lainnya. Nyatanya, Google Ads memberikan kesempatan yang lebih besar kepada pembuat iklan untuk bisa mencapai target audience melalui Google Search Network.

Tidak hanya melalui Google Search Network saja, tapi juga Google Display Network. Meski keduanya mempunyai pendekatan fungsional yang berbeda, tapi keduanya menggunakan sistem penawaran PPC.

Artinya pembuat iklan membayar jasa agar iklan bisa ditampilkan pada target audience yang relevan. Nantinya Google Search Network bisa membantu untuk menampilkan iklan kepada pengguna yang aktif melakukan penelusuran berdasarkan kata kunci.

Tidak heran jika Google Ads dibilang iklan teks yang mana peluangnya sangat bagus dalam mendatangkan calon konsumen agar bisa membeli produk. Biasanya, iklan teks akan ditandai dengan tag iklan kecil yang ada di samping URL situs website.

Sementara itu, Google Display Network bekerja dengan cara menempatkan iklan berbayar di situs website yang akan menjadi target. Kalangan ini tidak secara aktif mencari apa yang dijual lantaran tidak mengklik iklan tersebut. Namun, cara ini bisa membantu untuk membuat calon konsumen sadar akan bisnis itu meski belum pernah mendengarnya.

Kelebihan Menggunakan Google Ads

Masih banyak yang belum tahu bahwa Google Ads memberikan sejumlah manfaat atau keuntungan bagi penggunanya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Google Ads bisa membantu pelaku bisnis dalam mencapai target pasar yang lebih spesifik.

Hal ini karena Google Ads memungkinkan untuk menentukan target iklan sangat jelas dan pembagian kategorinya sangat spesifik. Google Ads mempunyai kelebihan yang terletak pada biayanya. Biaya ini bisa dikelola sendiri oleh penggunanya.

Dengan kata lain, Anda bisa menyesuaikan anggaran iklan yang ada di Google Ads dengan jumlah dana yang tersedia. Bahkan, pelaku bisnis juga bisa mengatur anggaran harian rata-rata untuk bisnis yang dijalankan dan mengubah jumlah anggaran secara fleksibel.

Cara Menggunakan Google Ads

Bagi Anda yang ingin mempromosikan bisnis melalui Google Ads bisa melihat beberapa cara di bawah ini. Dengan menerapkan cara ini tentunya kelebihan yang bisa didapatkan akan terasa lebih maksimal. Lalu apa saja cara yang harus dilakukan oleh seorang pelaku bisnis jika ingin mengiklankan bisnisnya melalui Google Ads?

Menggunakan Kata Kunci yang Tepat

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah menggunakan kata kunci yang tepat. Seperti yang diketahui, Google Ads bergantung pada kata kunci yang dilakukan oleh seorang pengguna. Saat seseorang mengetik kata kunci di mesin pencarian, maka iklan yang ditampilkan berdasarkan seberapa relevan istilah penelusuran tersebut.

Itulah kenapa kata kunci yang digunakan dan jenis pengubahnya dalam PPC terbilang sangat penting. Selain itu, ada tiga jenis pencocokan kata kunci yang bisa memberikan kemungkinan pada Google. Mulai dari broad, phrase match, dan exact match.

Saat kampanye di Google Ads sudah diluncurkan, ada baiknya untuk mengubah jenis pencocokan kata kunci seiring waktu. Tentunya pencocokan ini bisa dilakukan sesuai kebutuhan agar hasilnya terasa lebih maksimal.

Menggunakan Ekstensi Iklan yang Relevan

Cara menggunakan Google Ads bisa dilakukan melalui ekstensi iklan yang relevan. Banyak sekali akun PPC yang akan berfokus pada pembuatan judul, jalur, dan deskripsi iklan utama. Akan tetapi, ekstensi iklan menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Hal ini karena bagian tersebut menjadi bagian dari pengalaman konsumen.

Melalui ekstensi iklan, seseorang bisa memberikan peningkatan kinerja yang cukup besar pada suatu iklan. Ekstensi iklan juga bisa membantu menceritakan kisah brand dengan lebih baik sembari menawarkan informasi penting kepada konsumen.

Menyesuaikan Tawaran untuk Penargetan Geografis

Cara menggunakan Google Ads lainnya adalah menyesuaikan tawaran untuk penargetan geografis. Anda bisa mendapatkan keuntungan hanya dengan memfokuskan dolar pasaran pada lokasi geografis tertentu. Caranya dengan meninjau keterlibatan pelaku bisnis dalam memprioritaskan pengeluaran media.

Meskipun produk bisnis tidak bergantung pada lokasi fisik pelanggan, tapi Anda bisa mengoptimalkannya melalui tawaran geografis yang targetnya berdasarkan kebutuhan pengguna, musim, dan cuaca. Dengan mempertimbangkan kebutuhan jenis pelanggan dan kualifikasi lainnya, setidaknya mampu memahami keinginan pengguna.

Cara ini juga terbilang mampu menghemat banyak uang dengan mencegah iklan ditampilkan di beberapa area. Selain itu juga bisa meningkatkan kemungkinan konversi dan meningkatkan penyesuaian tawaran pada geografis lokasi lain.

Setelah mengetahui lebih dalam tentang apa itu Google Ads, kelebihannya, dan cara menggunakan Google Ads, apakah Anda ingin mencobanya? Tidak ada salahnya memanfaatkan media ini untuk mempromosikan bisnis agar lebih dikenal.

Bagikan Artikel