Kampanye periklanan di media online menjadi salah satu perencanaan strategi bisnis. Cara pembuatan kampanye memerlukan perencanaan yang matang agar proses kampanye berjalan maksimal dan hasil yang didapat pun memuaskan. Tidak semua bentuk pemasaran bisa dikatakan sebagai kampanye.
Kampanye pemasaran merupakan strategi usaha dengan bentuk jaringan peristiwa yang dirancang untuk mendorong hasil tertentu. Kampanye dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, seperti meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, atau mendapatkan umpan balik lainnya dari pelanggan.
Cara Membuat Kampanye Komunikasi Periklanan Digital
Cara pembuatan kampanye memerlukan hal-hal yang harus dipersiapkan sesuai dengan tujuan Anda melakukan kampanye. Kampanye dapat dilakukan di beberapa platform digital sekaligus, misalnya di Instagram, TikTok dan website. Berikut ini langkah membuat kampanye pemasaran digital untuk bisnis online.
- Tentukan Tujuan Kampanye
Cara pertama yang harus Anda buat yaitu menentukan tujuan atau target yang ingin dicapai dari kampanye komunikasi periklanan ini. Tanpa adanya tujuan, kampanye digital tidak akan mempunyai arah yang jelas dan nantinya akan sulit menentukan langkah yang tepat.
Contoh tujuannya seperti meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan produk atau brand engagement. Dalam menentukan tujuan tersebut, Anda dapat menggunakan konsep SMART, yaitu specific, measurable, achievable, realistic, dan times.
Target harus spesifik (specific) dan dapat diukur (measurable) agar dapat di-track dalam prosesnya. Tujuan harus diterima oleh seluruh pihak yang terlibat (achievable) dan realistis (realistic) untuk diwujudkan. Lalu, Anda harus memperkirakan dan menentukan waktu kampanye (times) untuk mewujudkan tujuan tersebut.
- Tentukan Target Pasar
Cara pembuatan kampanye selanjutnya yaitu menentukan target pasar. Tentukan demografi dan kriteria orang-orang yang cocok dengan produk Anda. Jika Anda sudah mempunyai web dan melakukan analisa, laporan dari web tersebut bisa digunakan. Namun, jika baru memulai, Anda harus melakukan penelitian target pasar.
Anda bisa melihat dari target pasar dari kompetitor. Namun, tidak hanya pasar kompetitor, Anda harus menemukan ceruk pasar produk Anda yang mungkin saja terlewat oleh kompetitor. Anda tidak bisa menargetkan semua orang. Kampanye digital akan sukses jika ditujukan kepada target yang spesifik sesuai dengan pasar produk.
- Pilih Platform yang Akan Digunakan
Dalam kampanye komunikasi periklanan, Anda dapat memilih beberapa platform agar kampanye semakin menyebar luas. Pilih platform yang sedang populer dan penting untuk dijadikan media kampanye online. Selain itu, pilih platform yang bisa mendukung untuk mewujudkan tujuan Anda.
Memilih platform yang akan digunakan sangat penting dalam cara pembuatan kampanye. Platform tersebut yang akan menyebarkan kampanye pemasaran Anda, sehingga harus memilih platform yang tepat dan bisa memberikan feedback yang bagus. Anda bisa memilih Instagram, TikTok, Google bahkan LinkedIn jika diperlukan.
- Menggunakan Hastag Khusus
Hal yang tidak boleh tertinggal ketika melakukan kampanye pemasan di media digital yaitu hastag. Buat hastag yang unik yang menunjukkan produk atau tujuan dari kampanye yang dilakukan. Tujuan penggunaan hastag pada kampanye adalah untuk memperluas awareness.
Semua konten yang menggunakan hastag tersebut akan ada di satu tempat ketika hastag tersebut diklik. Jika audiens ingin melihat konten kampanye lainnya untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap, mereka cukup mengklik hastag tersebut dan kemudian melihat konten-konten yang tersedia.
Selain itu, penggunaan hastag dapat mempermudah dalam proses tracking kampanye digital terkait engagement dan user generated content. Akun-akun yang menggunakan hastag tersebut di konten mereka tetap bisa melakukan tracking meskipun tidak menandai akun Anda.
- Melakukan Riset Kata Kunci untuk SEO dan PPC
Jika Google menjadi salah satu platform yang akan digunakan dalam kampanye, maka Anda harus melakukan riset kata kunci untuk PPC pada Google Ads atau untuk SEO untuk website Anda. Melakukan riset kata kunci yaitu mencari tahu kata kunci apa saja yang sering dicari orang-orang di Google.
Cari kata kunci yang berhubungan dengan produk Anda. Lalu buatlah halaman di website Anda yang berisi tentang jawaban dari kata kunci tersebut. Baik itu mengenalkan produk Anda secara langsung atau dengan pembahasan lain yang bisa dihubungkan dengan produk Anda.
- Kelola Profil Akun Media Sosial
Cara pembuatan kampanye tidak hanya mengandalkan iklan yang disebarkan, tetapi juga akun media sosial atau website harus dikelola dengan baik. Jika orang-orang tertarik dengan kampanye yang dilakukan, mereka pasti akan mengunjungi akun bisnis Anda. Tampilan profil akun bisnis atau website Anda harus terlihat profesional.
Tampilan profil yang profesional akan membuat citra brand yang baik dan kepercayaan audiens tumbuh. Profil yang rapih dan profesional akan menunjukkan bahwa bisnis Anda dibuat dengan matang dan sudah berpengalaman.
Selain itu, pertumbuhan pengikut akun dan engagement yang didapatkan harus terus dipantau untuk mengetahui progress dari kampanye tersebut. Reputasi Anda harus tetap baik agar kampanye yang dijalankan berhasil.
- Siapkan Pemasaran Ulang
Pemasaran ulang merupakan sebuah alat yang harus ada dalam kampanye pemasaran digital. Pemasaran ulang bertujuan untuk menangkap penjualan yang mungkin sudah hilang. Contohnya jika seseorang menjelajahi produk Anda tetapi tidak melakukan pembelian, Anda dapat memasukkannya ke target pemasaran ulang.
Anda dapat memberikan iklan penawaran kepadanya melalui email, Google Ads, atau iklan di media sosial. Sebagian orang yang ditawari kembali terkait produk yang pernah mereka jelajahi akan membelinya. Banyak kemungkinan yang membuat mereka tidak membeli saat itu, tetapi bisa membelinya ketika ditawari melalui pemasaran ulang.
Itulah cara pembuatan kampanye pemasaran melalui iklan di media online. Bukan hanya memikirkan iklan apa saja yang akan dipakai, tetapi hal-hal yang sudah dijelaskan di atas harus dipersiapkan ketika melakukan sebuah kampanye.