Jangan Ambil Pusing Terlalu Lama! Inilah Cara Menerapkan Digital Marketing untuk UMKM

Tak ada hal yang mudah dalam memulai bisnis, termasuk dalam cara menerapkan digital marketing untuk UMKM yang sedang berkembang. Jika memang bisnis yang dipilih sudah fokus pada permasalahan yang ada di dalam masyarakat, maka Anda bisa memaksimalkan potensi laris pada produk atau layanan jasa yang dikembangkan sebagai salah satu sumber cuan yang cukup menjanjikan.

Penerapan Digital Marketing untuk UMKM secara Efektif

 

Anda bisa memulai menerapkan standar digital marketing yang efektif untuk kalangan UMKM. Simak dua metode untuk melakukan marketing digital yang paling banyak digunakan berikut ini.

Penerapan Pemasaran Digital berkaitan dengan Konten Marketing

Langkah pertama yang perlu Anda jadikan pegangan dalam membuat konten marketing yakni memastikan bahwa produk Anda benar-benar memiliki kualitas unggulan dan bisa bersaing. Penerapan pemasaran digital untuk UMKM ini tak hanya terbatas pada menjajakan produk secara offline, tetapi juga mengembangkannya ke ranah online. Bagaimana caranya?

  1. Membuat Akun Google Business

Upaya pertama untuk memaksimalkan branding produk Anda yakni dengan mendaftarkan diri di akun Google Bisnis. Langkah ini akan membantu dalam promosi bisnis Anda tanpa perlu mengeluarkan biaya. Jika toko Anda sudah terdaftar, tentu akan lebih memudahkan konsumen dalam menemukan produk yang diinginkan dengan perantara internet dan sistem digital.

  1. Promosi menggunakan Medsos

Menerapkan digital marketing untuk UMKM yang dikembangkan pada era perkembangan teknologi seperti saat ini bisa menggunakan media sosial. Ada beberapa platform yang bisa dimaksimalkan seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube atau Tiktok. Semuanya memiliki ciri khas dan algoritma masing-masing. Maka, Anda perlu mengembangkan ilmu terkait hal tersebut agar marketing online bisa berjalan lebih baik.

Proses pemasarannya bisa dengan menggunakan status (caption), gambar, video, atau lainnya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan. Jika Anda kreatif dan mampu melihat peluang, pemasaran menggunakan media sosial ini sangat potensial untuk meningkatkan angka penjualan produk atau jasa yang Anda miliki.

  1. Melakukan Endorsement

Upaya selanjutnya yang bisa dikembangkan dalam proses pemasaran dan konten marketing yakni dengan melakukan endorsement. Anda bisa menyesuaikan produk dengan calon endorse yang akan digunakan. Jika tepat sasaran, maka bukan mustahil produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan juga mengalami peningkatan permintaan yang signifikan.

  1. Membuat Website

Langkah selanjutnya dalam proses penerapan digital marketing untuk UMKM yakni dengan membuat website untuk produk Anda. Website adalah salah satu rumah digital yang jadi tempat persinggahan semua informasi produk atau penawaran yang akan diberikan kepada konsumen.

Maka, keberadaan website untuk pebisnis menjadi salah satu hal penting. Anda bahkan bisa melakukan pemantauan pada traffic di dalam web, dan bisa memancing follower lebih cepat. Menggunakan website untuk usaha Anda, artinya kesempatan produk Anda untuk dilirik lebih banyak pengunjung juga akan lebih besar.

Jika Anda kurang memahami teknik dalam membuat website, maka kini tak perlu khawatir lagi. Kini terdapat layanan jasa yang bisa menyediakan pembuatan website melalui internet dengan harga bersaing dan memiliki kualitas yang mumpuni. Umumnya, harga disesuaikan dengan permintaan dan tingkat kerumitan pembuatannya.

  1. Email Marketing

Pemasaran dan penerapan digital marketing untuk UMKM juga bisa semakin dikuatkan dengan menggunakan email marketing. Pemasaran melalui email akan lebih terasa privat karena menuju pada email masing-masing konsumen. Secara garis besar, promo menggunakan email akan lebih berdampak bila pengguna telah mengenal produk Anda terlebih dahulu.

Penerapan Digital Marketing pada Analisis Pasar secara Global

Dalam menerapkan konsep digital marketing di hadapan analisis pasar, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan Aplikasi Mobile

Keberadaan ponsel pintar untuk masyarakat modern menjadi salah satu kebutuhan utama yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Internet seolah menjadi nyawa baru yang akan menjadi sumber informasi untuk kemaslahatan bersama. Oleh karena itu, jika ingin mengambangkan bisnis UMKM dengan menyeimbangkannya bersamaan dengan internet, pilihan aplikasi mobile bisa jadi pertimbangan.

  1. Menyasar Konsumen yang Tepat

Upaya kampanye marketing bagi usaha UMKM juga akan semakin bisa dirasakan ketika Anda sudah bisa menentukan buyer persona yang tepat. Buyer persona berkaitan dengan jenis kelamin, usia, ketertarikan (interest), dan bisa dikerucutkan untuk membuat konten yang lebih tepat sasaran.

Inilah salah satu kelebihan dalam digital marketing karena segala hal bisa dipilah, dipantau, dan dievaluasi secara online, tak terbatas pada ruang dan waktu tertentu. Selain itu, terdapat beberapa tools yang akan memudahkan Anda untuk menjalankan konsep marketing digital ini secara lebih baik.

  1. Budget Promosi yang Lebih Nyaman di Kantong

Keunggulan lain dalam penerapan digital marketing untuk UMKM yakni tidak memerlukan sejumlah biaya yang mencekik. Promosi di ranah online cenderung lebih ramah di kantong karena hanya bermodalkan internet. Berbeda dengan sistem konvensional yang memerlukan brosur, bayar iklan di billboard, hingga membayar SPG untuk menjajakan produk Anda.

  1. Fokus pada Evaluasi Konten Marketing

Dalam pelaksanaannya, akan terdapat beberapa hal yang mungkin terjadi di luar kendali Anda. Maka, fokus pada evaluasi marketing akan banyak membantu tim dalam memaksimalkan performa konten yang belum bisa mencapai target. Dengan demikian, Anda akan bisa memikirkan plan lanjutan untuk menyeimbangkan beberapa hal yang belum berjalan secara optimal.

Penerapan digital marketing untuk UMKM di atas bisa menjadi sebuah rambu-rambu yang akan menentukan langkah Anda selanjutnya. Meski terdapat dalam cangkang UMKM, bisnis rumahan tetap bisa berkembang pesat jika memang bisa mengamalkan ilmu marketing yang tepat sasaran. Segala perjuangan Anda akan berbanding lurus dengan hasil yang akan dicapai esok hari, bukan?

Bagikan Artikel