Literasi Media Sosial Bagi Para Pebisnis

Media sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan komunikasi bagi khalayak umum. Hampir semua penduduk Indonesia pun menggunakan media sosial untuk kebutuhan eksistensi diri, mencari pekerjaan, berbisnis, atau untuk saling bercerita.

Mengolah sosial media memang terkesan mudah bagi Anda yang hanya menggunakannya tanpa unsur provit. Namun, bagi pebisnis yang menggunakan media untuk keperluan tersebut tentu akan dipusingkan dengan konten menarik apa yang bisa diunggah dan memonitori perkembangan sosial media.

Dalam pengolahannya pun tidak bisa sembarangan, ada etika dalam bermain media sosial. Makanya baik pengguna media sosial ataupun pebisnis yang menggunakan media sosial ini harus memahami literasi media sosial.

Kenapa Literasi Media Sosial Penting?

Semakin majunya perkembangan media dan teknologi yang ada saat ini memberikan pengaruh yang besar dan hampir mendominasi kehidupan masyarakat Indonesia. Mulai dari usia remaja hingga dewasa pun mulai menggunakan media sosial. Media sosial bisa menjadi peluang apabila digunakan dalam hal positifnya. Namun, jika digunakan sebaliknya bisa berdampak negatif.

Makanya literasi ini penting sekali dilakukan. Melalui literasi ini, akan ada pengarahan bagi pengguna untuk pemanfaatan media sosial yang bijak dan tepat. Tentunya ini pun juga berguna bagi pebisnis yang ingin terjun dalam pengelolaan sosial media untuk mengembangkan bisisnya. Sebab, media sosial dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha dan bisnis kepada khalayak umum.

Apalagi bagi pebinis dan pemilik umkm, literasi media sosial pastinya berguna bagi perkembangan bisnis dan usaha yang sedang berjalan. Melalui literasi media, mereka akan semakin paham bagaimana cara kerja media sosial terhadap produk dan pemasaran digital kedepannya.

Manfaat Literasi Media Sosial Untuk Pebisnis

Bagi Anda pelaku usaha atau pebisnis, pastinya ingin memasarkan produk secara luas namun tidak mengeluarkan banyak biaya. Salah satu cara yang paling efektif dan bisa Anda gunakan ialah memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis. Adanya literasi media sosial menguntungkan sekali bagi pebisnis. Berikut ini manfaatnya.

1.      Mendapatkan Informasi Up To Date

Media sosial menjadi salah satu tempat yang banyak digunakan untuk berkomunikasi secara online. Contohnya Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, TikTok, dan masih banyak lagi lainnya. Dari berbagai macam media sosial ini Anda bisa mendapatkan informasi baru mengenai suatu hal yang sesuai dengan kesukaan atau relate dengan produk usaha Anda.

Informasi yang up to date, seringkali menyebar lebih cepat melalui sosial media. Makanya penggunaan serta literasi media sosial ini sangat menguntungkan sekali bagi pebisnis.

2.      Memperkaya Ilmu

Selain bisa mendapatkan informasi terkini, melalui sosial media Anda bisa menggali ilmu. Banyak sekali yang membagikan ilmunya melalui sosial media. Anda tinggal memilih dan mencari mana yang sesuai dengan Anda. Adanya literasi media ini pun mengajarkan pengguna untuk selalu waspada dengan apa yang tersebar di media sosial.

Baik di dunia nyata maupun dunia maya tentu ada yang namanya kejahatan, jika di media sosial namanya cyber crime. Untuk menghindari hal tersebut literasi media sosial ini pun perlu diketahui supaya bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan tidak jarang pula ada kasus hack akun yang bisa merugikan pemilik akun dan orang lain.

3.      Bisa Memperluas Jangkauan

Melakukan promosi melalui media sosial, bisa menjadi jalan untuk meluaskan jangkauan penjualan. Jika pada toko offline pasti hanya warga setempat saja yang berpotensi membeli. Namun, jika menggunakan toko online atau penjualan melalui media sosial Anda bisa menjangkau lebih banyak pembeli di luar sana.

Apalagi sekarang ini sudah didukung dengan jasa kurir yang bisa mengantarkan berbagai produk antar daerah. Nah, bagi pebisnis yang belum mengenal media sosial perlu sekali mendapatkan literasi media sosial agar bisa membuka pikiran dan meluaskan jangkauan melalui media sosial.

4.      Pasar Tidak Terbatas

Seperti yang ada pada poin ketiga. Media sosial memiliki pasar yang tidak terbatas, Anda bisa menjual produk usaha Anda lintas daerah. Seperti yang kita tahu bahwa pengguna media sosial ini berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia. Makanya media sosial dikatakan memiliki pasar yang luas. Sebab memang tidak terbatas.

Usaha dan bisnis Anda bisa dikenal banyak orang jika aktif menggunakan sosial media. Nah, literasi media sosial ini pun cocok sekali untuk disosialisasikan pada pebisnis, UMKM, dan pemilik usaha supaya bisa menjangkau pasar yang tak terbatas. Namun, ada strategi-strategi dalam menyukseskan pengenalan produk dikalangan luas melalui media sosial.

5.      Bisa Menghemat Waktu dan Biaya

Ini nih yang banyak diinginkan orang. Mendapatkan pasar yang luas tanpa membuang waktu dan mengeluarkan banyak biaya. Nah, jawabannya ya menggunakan pemasaran melalui media sosial. Banyak sekali manfaatnya menggunakan media sosial untuk memperluas jaringan ataupun jangkauan promosi produk.

Berbeda dengan pemasarn konvensional yang harus mencetak brosur dan banner ataupun menyewa baliho yang besar. Melalui media sosial ini Anda sudah bisa melakukan pemasaran yang sangat luas dengan mengoptimasi media sosial Anda supaya dikenal banyak orang. Setelah, akun Anda banyak dikenal Anda tinggal menjalankan usaha dan memasarkan produk Anda dengan mudah.

Nah, itulah informasi mengenai literasi media sosial bagi para pebisnis. Adanya literasi ini penting sekali. Supaya sebagai pengguna media sosial dan pembuat konten-konten di media sosial mampu memilih dan memilah mana yang baik dan buruk serta terhindar dari hoax. Pentingnya literasi media bagi pebisnis ini agar mereka mampu mengelola dan mengorganisir informasi yang akan disebarluaskan.

Bagikan Artikel