Mengenal Apakah Itu SEM (Search Engine Marketing) dan Manfaatnya Bagi Bisnis

SEM adalah kependekan dari Search Engine Marketing, yakni strategi digital marketing guna menduduki halaman pertama Google dengan kata kunci khusus dengan cara berbayar. Di sini kita memakai platform iklan Google Ads berbayar supaya website kita dapat tampil di halaman pertama Google secara cepat.

Terdapat demikian banyak teknik yang bisa dipakai dalam pemasaran dan memasarkan sebuah produk maupun jasa. Di dalam bidang internet marketing tentu anda telah tak asing lagi dengan sebutan Search Engine Optimization (SEO). Teknik ini memiliki tujuan untuk menerapkan optimasi pada website agar memperoleh peringkat paling tinggi pada hasil pencarian. Tetapi sesungguhnya terdapat satu teknik lagi yang pula tak kalah efektif, yakni Search Engine Marketing (SEM).

Di lingkungan internet marketer sebutan Search Engine Marketing (SEM) telah amat sering didengar. Lantaran memang teknik SEM ini masih relatif berhubungan dengan teknik SEO. Lantas apakah itu SEM dan apa saja manfaatnya bagi bisnis?

Arti SEM (Search Engine Marketing)

Definisi SEM (Search Engine Marketing) ialah suatu teknik di mana anda bisa mengiklankan website di mesin pencari. Penting anda ketahui jika dalam pencarian melalui mesin telusur di Google terdapat 2 hasil yang akan anda temui, yakni hasil organik dan hasil dari iklan. Iklan yang tampil di hasil pencarian inilah yang disebut dengan Search Engine Marketing.

Nyaris seluruh mesin pencari sekarang telah mempunyai fitur SEM, sejak Google hingga Bing. Tetapi yang paling banyak digunakan orang ialah Google. Alasannya terntu saja lantaran Google nyaris mendominasi 90 persen dari pangsa pasar dunia. Sehingga kesempatan untuk memperoleh banyak traffic dari iklan di Google pun menjadi sangat besar.

Selaras dengan pengertian di atas maka SEM bisa dikatakan merupakan suatu teknik untuk mengiklankan website. Sehingga anda mesti menyediakan dana atau biaya untuk beriklan. Pada umumnya mesin pencari semisal Google memakai sistem Pay Per Click (PPC). Di mana anda cuma akan diminta untuk membayar bila terdapat orang yang mengklik iklan anda.

Manfaat SEM bagi Bisnis Anda

Dari uraian di atas barangkali anda tentu telah mengetahui arti SEM. Tetapi apakah anda telah mengetahui apa saja manfaat dari SEM (Search Engine Marketing) bagi kemajuan bisnis anda? Layaknya suatu teknik pemasaran tentunya tujuan terpenting dari SEM ialah untuk mempromosikan suatu bisnis.

  1. Pencapaian Sasaran

Dengan memanfaatkan SEM maka pencapaian anda dapat lebih terarah. Dengan memakai SEM anda pun akan memperoleh pemasaran yang jauh lebih khusus dan sesuai dengan website ataupun produk yang ingin anda tawarkan. Hal itu pula akan berpengaruh terhadap kenaikan traffic ke website anda dan sudah tentu keuntungan yang dimiliki pun akan makin besar.

  1. Bisa Meraih Lebih Banyak Pelanggan

Di dalam suatu bisnis tentunya eksistensi pelanggan jadi hal yang amat utama. Tak cuma pelanggan yang ada di sekeliling anda saja, tetapi pula pelanggan yang ada di tempat ataupun lokasi lain tentunya akan memberikan kesempatan yang jauh lebih besar dalam menaikkan pemasaran website ataupun produk anda. Dengan memakai SEM anda berpeluang besar bisa meraih lebih banyak lagi pelanggan atau konsumen dari seluruh penjuru dunia.

  1. Kontrol Menyeluruh

Dengan memakai SEM selaku alat untuk mempromosikan bisnis ataupun produk, menjadikan anda mempunyai kebebasan dalam mengawasinya. Semenjak dari segi biaya, timeline sampai hasil yang ingin diperoleh. Kendali ini pula meliputi soal pemilihan kata kunci, macam atau jenis iklan terlebih lagi demografi yang selaras dengan website ataupun produk yang akan dipromosikan.

  1. Percakapan dan Konversi yang bertambah

SEM menargetkan pemasaran yang relevan dan selaras dengan website ataupun produk yang akan dipromosikan. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap penambahan konversi pada pencarian pemasaran. SEM biasanya memanfaatkan iklan berbentuk link yang bila tautan tersebut diklik akan otomatis menuju ke website produk atau jasa yang dipromosikan.

Tentunya ini akan membutuhkan biaya untuk membayar setiap klik iklan yang diperoleh. Walau demikian hingga sekarang Search Engine Marketing (SEM) masih jadi alat promosi iklan berbayar yang paling banyak digunakan orang. Alasannya tentu saja lantaran anda akan mengeluarkan lebih sedikit biaya dibanding dengan bila anda memakai media promosi iklan berbayar yang lain.

Demikian tadi ulasan tentang arti SEM (Search Engine Marketing) dan manfaatnya bagi peningkatan bisnis anda. Walaupun terdengar gampang tetapi diperlukan cukup pengalaman supaya memperoleh hasil yang optimal. Nah, bila anda merasa masih relatif awam dengan teknik SEM ini, sebaiknya anda memakai jasa digital marketing yang telah relatif banyak hadir di internet.

Bagikan Artikel