Mengenal Marketplace: Apa Itu dan Jenis-jenisnya

Marketplace merupakan perantara antara penjual dan pembeli di jagat maya. Di sini website marketplace berperan sebagai pihak ketiga dalam menjembatani terjadinya transaksi online dengan menyediakan lapak berdagang dan sarana pembayaran. Dapat dibilang marketplace ialah deparment store online.

Jenis-jenis Marketplace

Saat ini terdapat 2 jenis kerja sama di website marketplace Indonesia. Berikut ini jenis-jenisnya.

  1. Marketplace Murni

Kerja sama marketplace murni ialah saat website marketplace cuma menyediakan tempat untuk berdagang dan sarana pembayaran. Penjual yang melakukan kerja sama marketplace diberikan kebebasan lebih banyak daripada kerjasama konsinyasi.

Penjual mempunyai kewajiban untuk mempersiapkan deskripsi dan photo produk secara mandiri. Di samping itu para penjual pun bisa menerima penawaran harga terlebih dulu dari pihak pembeli. Jadi sebelum melakukan pembayaran pihak pembeli (buyer) bisa melakukan penawaran harga terlebih dulu kepada pihak penjual (seller). Sesudah memperoleh harga yang cocok dan disetujui oleh kedua belah pihak, maka pembeli dapat mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang telah disediakan oleh marketplace.

Contoh marketplace Indonesia yang terkenal dengan jenis kerja sama marketplace murni ialah Blibli, Blanja, Elevenia, Bukalapak, dann Tokopedia. Beberapa contoh marketplace dari luar negeri yang terkenal di Indonesia ialah Rakuten (Jepang), Amazon (Amerika Serikat), JD.id (Tiongkok), Lazada (Singapura), dan Shopee (Singapura).

  1. Marketplace Konsinyasi

Jenis kerja sama yang kedua ialah konsinyasi ataupun sebutan gampangnya ialah titip barang. Bila penjual melakukan kerja sama konsinyasi dengan website marketplace, ia cuma butuh menyediakan produk dan rincian informasi kepada pihak marketplace.

Salah satu contoh marketplace yang menyediakan kerja sama konsinyasi ialah Zalora. Contoh marketplace lainnya yang memakai jenis kerja sama ini ialah BerryBenka.

Pihak website marketplace akan mengatur segala sesuatu terkait penjualan dari mulai photo produk, gudang, pengiriman barang, sampai sarana pembayaran. Berlainan dari jenis kerja sama sebelumnya, pada jenis kerjasama ini pembeli tak dapat melakukan penawaran harga lantaran seluruh alur transaksi ditangani langsung oleh website marketplace.

5 Marketplace Terbesar di Indonesia

  1. Tokopedia

Tokopedia merupakan marketplace yang dibangun oleh William Tanuwijaya pada Februari 2009 lalu. Di umurnya yang  kesepuluh Tokopedia telah sukses meraih predikat sebagai marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah kunjungan setiap bulannya meraih 137.200.900.

Tak cuma itu, Tokopedia pun tergolong merupakan salah satu startup unicorn Indonesia. Berarti valuasi marketplace ini telah meraih lebih dari 1 milyar dollar Amerika.

  1. Bukalapak

Di peringkat kedua kita menemui Bukalapak yang pula menyandang gelar sebagai startup unicorn seperti halnya Tokopedia. Bukalapak merupakan marketplace yang dibangun pertama kali oleh Ahmad Zaky pada pada 2010 lalu di Bandung, Jawa Barat. Marketplace ini sudah sukses mengumpulkan 115.256.600 pengunjung setiap bulannya pada awal 2019 lalu.

  1. Shopee

Shopee merupakan marketplace asal Singapura yang semenjak tahun 2015 mulai melakukan ekspansi di pasar Asia Tenggara, tak terkecuali Tndonesia. Sesudah 4 tahun semenjak perluasan tersebut Shopee sukses jadi marketplace terbesar ketiga di Indonesia.

Kunjungan bulanan Shopee meraih kira-kira 74.995.300. Marketplace yang saat ini masih ada di bawah naungan bendera bisnis SEA group ini sanggup merebut atensi konsumen Indonesia dengan kampanye-kampanye kreatifnya yang mengikutsertakan sejumlah selebritas internasional semisal Blackpink.

  1. Lazada

Lazada tampaknya mulai mengalami kesukaran menghadapi kompetisi dengan marketplace yang lain. Awal 2018 yang lalu Lazada merupakan marketplace dengan pengunjung paling banyak. Sayangnya pada 2019 silam Lazada cuma sanggup menempati peringkat keempat dengan jumlah pengunjung sebanyak 52.044.500 setiap bulannya.

  1. Blibli

Blibli merupakan marketplace hasil bentukan PT. Global Digital Niaga, yakni anak perusahaan dari PT. Djarum. Marketplace ini sukses menempati peringkat kelima dengan jumlah pengunjung sebesar 32.597.200 setiap bulannya.

Bagikan Artikel