Pay Per Click (PPC), Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Untuk Anda yang belum pernah mendengar kata Pay Per Click ataupun Anda yang telah akrab dengan kata PPC dan ingin mengenalinya lebih jauh, Anda datang ke artikel yang tepat.

Di sini akan dibahas mengenai apa itu pay per click (PPC) dan penjelasan umum yang lain berkaitan dengan metode pemasaran yang satu ini.

Apa Itu PPC (Pay per Click)?

PPC merupakan singkatan dari Pay per Click, salah satu metode maupun cara dalam internet marketing dimana seorang pemasar membayar sejumlah biaya tiap-tiap kali iklan/website mereka diklik maupun didatangi.

Hal ini bisa pula dibilang sebagai cara membeli trafik ke website, ketimbang memperolehnya secara organik atau cuma-cuma.

Bagaimana Cara Kerja PPC?

Beriklan lewat search engine adalah wujud Pay per Click yang paling terkenal. Para pemasar melakukan “bidding” untuk memperoleh posisi di search engine supaya iklannya bisa dilihat dan didatangi, saat seseorang mencari produk maupun jasa lewat kata kunci yang relevan.

Saat suatu campaign PPC berlangsung dengan baik, biaya yang dikeluarkan akan tampak amat sedikit ketimbang dengan pemasukkan yang diperoleh.

Contohnya bila tiap-tiap klik ke website, Anda mesti membayar Rp10.000, tetapi klik itu memicu penjualan sebesar Rp500.000, dengan keuntungan bersih Rp50.000, maka Anda memperoleh untung yang relatif besar.

Mengapa Mesti Menjalankan Pay Per Click (PPC) Marketing?

Pay Per Click (PPC) advertising adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengundang trafik mengarah ke website terbebas dari berapa pun anggaran yang Anda punya. Di samping mengundang trafik, ada berbagai alasan yang lain mengapa Anda harus menjalankan PPC marketing. Di bawah ini beberapa diantaranya.

  1. Meraih Sasaran Audiens

PPC adalah salah satu taktik pemasaran yang bisa dengan ampuh menunjang Anda untuk meraih sasaran audiens yang pas.

Dengan menerapkan PPC marketing, Anda bisa bebas mengelola kepada siapa iklan Anda akan ditayangkan. Contohnya saja menurut demografi, tempat, pemakaian kata kunci, serta waktu tayang.

  1. Membangun Brand Awareness

Tak seperti Search Engine Optimization (SEO) yang memerlukan waktu beberapa bulan untuk mendapatkan hasilnya, PPC bisa memberikan Anda hasil yang lebih praktis.

Hasil pencarian Pay Per Click umumnya diletakkan pada bagian atas halaman hasil pencarian Google. Hal itu menyebabkan kemungkinan pengguna untuk menemui website Anda akan lebih besar.

  1. Membuahkan Profit

PPC bisa memberikan Return Of Investment (ROI) yang lebih tinggi ketimbang dengan taktik pemasaran yang lain.

Menjalankan Pay Per Click marketing akan menyajikan Anda kendali penuh untuk mengatur biaya yang harus Anda keluarkan guna menyelenggarakan iklan tiap-tiap harinya.

Tetapi untuk membuahkan keuntungan melalui PPC, Anda harus mengenali terlebih dulu keyword pencarian apa saja yang bisa memberikan keuntungan untuk usaha Anda.

Yang Mesti Diperhatikan Saat Menjalankan PPC

Ada beberapa hal yang mesti dicermati saat menjalankan PPC ini, seperti melakukan riset dan memilih kata kunci yang ingin digunakan, memasang anggaran yang tepat, mengategorikan iklan ke dalam kelompok, dan membangun landing page yang baik dan maksimal.

Search engine itu sendiri menghargai iklan yang baik dan sesuai dengan memberikan biaya yang lebih murah setiap klik-nya. Sehingga mutu iklan itu sendiri menetapkan murah maupun mahalnya biaya yang akan digunakan oleh search engine.

Konsep dan perencanaan PPC yang tak masak akan berakhir pada penghabisan dana dengan singkat tanpa mendatangkan hasil yang diinginkan.

Untuk memahami iklan Pay Per Click diperlukan waktu dan pengalaman yang banyak. Keterbatasan pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan PPC akan berakibat terhadap biaya yang besar dan rendahnya conversion rate.

Bagikan Artikel