Media sosial sekarang ini semakin populer, tidah heran banyak yang menggunakannya sebagai media promosi. Memang media promosi yang tepat ialah yang memiliki banyak pengguna, sehingga bisa lebih banyak mendapatkan calon pelanggan yang dituju. Nah, masing-masing platform ini punya mayoritas pengguna akun yang berbeda. Contohnya Instagram lebih banyak diisi kalangan muda, sedangkan Facebook lebih kompleks.
Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan jangkauan penjualan yang luas? Pastinya para pebisnis pun ingin mendapatkan media promosi yang pas untuk bisnisnya. Sehingga bisa menaikkan provit dan jualannya. Memanfaatkan pemasaran melalui media sosial ini menjadi salah satu cara yang cukup efektif dalam meningkatkan jangkauan penjualan.
Seberapa pentingnya sih melakukan pemasaran melalui media sosial? Melihat dari data base mengenai pengguna media sosial yang lumayan banyak ini, bisa menjadi peluang yang bagus bagi Anda sebagai seorang pebisnis untuk menggunakannya sebagai tempat promosi. Media sosial bisa menjadi media untuk mengenalkan produk Anda ke banyak orang.
Kenapa Media Sosial Penting untuk Promosi?
Sebenarnya, banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan promosi produk yang hendak Anda jual. Nah, salah satunya ialah dengan melakukan digital marketing melalui media sosial. Sederhananya Anda melakukan pemasaran virtual.
Digital marketing di Indonesia sendiri pun semakin berkembang dan mulai banyak digunakan. Tidak heran jika banyak media sosial yang mulai meng-upgrade fitur-fiturnya untuk bisa menunjang perkembangan digital marketing.
Media sosial menjadi salah satu strategi yang cukup efektif dan fleksibel digunakan untuk mengembangkan UMKM. Adanya media sosial marketing ini bisa menciptakan sarana promosi yang bisa meluaskan jangkauan melalui platform media online. Contohnya seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan juga Twitter.
Platform tersebut memiliki pasarnya sendiri-sendiri, sehingga sebelum memilih platform baiknya Anda tahu siapa target market dari produk yang hendak dipasarkan. Melalui pemasaran online ini Anda bisa menembus waktu dan jarak. Oleh sebab itu, kenapa media sosial menjadi penting sekali untuk dijadikan sebagai sarana melakukan promosi.
Sudah semestinya sebagai pengusaha, Anda mulai mengembangkan bisnis melalui jalur online untuk mengenalkan produk lebih luas. Media sosial bisa sangat membantu Anda untuk mencapai hal tersebut, apalagi sekarang ini beberapa platform sudah mulai dibekali fitur Ads. Jadi, Anda bisa menjangkau orang secara spesifik dan luas lagi sesuai produk Anda.
Apa Saja Manfaat Media Sosial Sebagai Sarana Promosi?
Setelah mengetahui alasan mengapa media sosial penting sebagai sarana promosi, pastinya Anda pun bertanya-tanya. Sebenarnya apa sih manfaat menggunakan media sosial ini? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengunakan media sosial sebagai sarana promosi.
1. Memperluas Target Market
Beberapa media sosial memiliki jumlah pengguna yang cukup bayak dari berbagai daerah. Jika Anda melakukan optimasi yang bagus pada media sosial, maka bisnis Anda akan lebih mudah berkembang. Bayangkan saja jika dalam satu platform saja Anda bisa menjangkau ribuan orang dari berbagai daerah, pasti dari ribuan tersebut ada potensi orang yang tertarik dengan produk Anda. Apabila dikemas dengan bagus dan menarik tentunya.
Ada beberapa cara mengoptimasi akun sosial media agar bisa menjangkau orang lebih banyak. Jika Anda ingin menjangkau penduduk lokal pun juga bisa, karena hampir daerah memiliki pengguna sosial media.
2. Mampu Meningkatkan Pengakuan Brand
Melalui media sosial pun Anda bisa membangun branding bisnis Anda. Berbeda dengan cara branding konvensional, branding online ini lebih cepat. Sebab brading konvensional cenderung banyak menghabiskan uang dan hasilnya belum tentu bagus. Langkah yang baik ialah melakukan branding secara online.
Setelah banyak orang mengetahui produk yang Anda tawarkan maka akan semakin besar pula kesempatan Anda untuk bisa closing lebih cepat. Optimasi profile ini sangat diperlukan untuk membentuk kepercayaan orang terhadap bisnis Anda. Agar bisa mendapatkan pengakuan brand, Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan para influencer setempat supaya brand Anda bisa lebih mudah dikenal.
3. Dapat Meningkatkan Penjualan
Promosi melalui media sosial ini pun bisa meningkatkan penjualan. Jika Anda sering memposting dan mempromosikan produk jualan pastinya orang akan menjadi tahu, setelah tahu orang pasti juga penasaran karena Anda sering sekali mempromosikannya. Barulah setelah mengetahui, suka, lalu membeli produk Anda.
Namun, perlu diperhatikan juga dalam peningkatan penjualan ini dibutuhkan strategi. Apabila Anda masih awam, Anda bisa belajar menengani digital marketing dan platform yang Anda gunakan untuk bisa memaksimalkan penjualan melalui fiturnya.
4. Memudahkan Interaksi dengan Konsumen
Media sosial memiliki fitur yang untuk menghubungkan pemilik usaha dan konsumen, yakni melalui fitur pesan. Anda bisa mudah berinteraksi secara privat dengan calon konsumen. Selain itu, ada juga fitur like dan komentar untuk saling memberikan feedback.
Membangun interaksi yang baik dengan calon pelanggan Anda bisa membuka prospek yang lebih besar untuk mendapatkan konsumen dan pelanggan. Media sosial menjadi salah satu pendekatan yang cocok buat Anda yang ingin mengembangkan usaha dan jangkauan yang luas.
5. Biaya Lebih Kecil
Promosi menggunakan media sosial ini lebih murah, hampir semua platform yang ada tersedia secara gratis. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang, hanya saja jika ingin menjangkau lebih banyak orang Anda membutuhkan fitur Ads. Namun, sekarang ini fitur Ads masih terjangkau dibandingkan dengan pemasaran jadul.
Nah, itulah beberapa alasan dan manfaat mengenai penggunaan media sosial sebagai sarana promosi. Khususnya bagi Anda penggerak UMKM atau pemilik usaha harus mencoba memasarkannya secara online. Memang dalam membangun media agar menjadi besar ini tidaklah sebentar, namun tidak juga selama membangun toko offline.