Cara E-commerce Marketplace Mengoptimasi Penjualan Produk UMKM

Belakangan ini banyak yang mulai tertarik untuk melakukan penjualan secara online. Salah satunya dengan menggunakan layanan E-commerce marketplace.  Platform ini cocok bagi UMKM yang ingin mengembangkan usahanya melalui e-commerce.

Siapa yang tidak ingin meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnisnya? Pastinya semua pemilik usaha ingin mendapatkan pasar yang luas. Nah, melakukan penjualan secara online menggunakan e-commerce ini pun bisa membuat bisnis Anda semakin berkembang dan meningkatkan penjualan. Anda bisa melakukan optimasi pada E-commerce marketplace.

Cara Optimasi E-commerce Marketplace

Memasarkan produk UMKM dan usaha bisnis rintisan tidak susah lagi dengan mengikuti perkembangan teknologi. Begini cara melakukan optimasi pengjualan produk UMKM menggunakan E-commerce marketplace memanfaatkan kaidah SEO.

1.      Melakukan Penulisan Produk Berdasarkan Banyaknya Pencarian

Tahap pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan riset penulisan judul. Anda bisa memasukkan judul yang sesuai dengan kata kunci yang banyak di cari. Nah, dalam hal ini Anda bisa menggunakan tools tambahan supaya bisa menuliskan judul sesuai banyaknya pencarian. Salah satu tools gratis yang bisa Anda gunakan ialah Google Trend.

Menggunakan Google Trend ini Anda bisa mendapatkan kata kunci yang banyak di cari atau banyak digunakan berdasarkan wilayahnya. Melalui Google Trend ini pun Anda bisa menentuka kemana sasaran produk Anda, karena akan ada presentase pencarian populer berdasarkan wilayah. Optimasi penulisan judul ini bisa membantu Anda, misalnya Anda memasukkan kata kunci yang banyak dipakai orang otomatis produk Anda memiliki peluang untuk muncul.

2.      Memasukkan Kata Kunci Pada Deskripsi

Penulisan kata kunci pada deskripsi ini juga bisa membantu produk Anda supaya lebih mudah ditemukan. Penggunaan kata kunci yang sering digunakan ini dapat meningkatkan performa pencarian marketplace Anda. Jadi saat melakukan pengisian deskripsi tidak bisa asal-asalan. Kalau pengisiannya asal, pasti hasilnya pun tidak akan maksimal.

Supaya bisa memperoleh hasil yang maksilam Anda harus menggunakan kata kunci yang relevan. Sehingga dapat menjaring calon pembeli lebih banyak dan pembeli pun bisa tertarik. Penggunaan kata kunci relevan juga menambah kemungkinan Anda bisa muncul d halaman pencarian. Strategi peningkatan pencarian atau SEO ini pun berfungsi untuk marketplace.

3.      Melakukan Kombinasi Kata Kunci

Langkah berikutnya, Anda pun bisa melakukan kombinasi kata kunci. Kombinasi kata kuci ini berarti memasukkan lebih dari satu kata kunci, yang mana berpotesi untuk produk Anda mudah ditemukan. Misalnya saat memberikan nama produk Anda bisa mencantumkan mulai dai Jenis produk, merek, hingga keterangan secara mendetail. Contoh: Pasmina (produk) Ceruty Baby Doll (jenis kain).

Semakin detail Anda menuliskan produk maka akan semakin banyak kombinasi kata kunci yang bisa Anda masukkan. Makanya, saat menuliskan nama produk ataupun memasukkan deskripsi maksimalkan penggunaan kata kunci sesuai yang banyak di cari orang. Sehingga optimasi ini bisa berhasil dan meningkatkan optimasi penjualan produk UMKM Anda.

4.      Mencantumkan Link ke Media Sosial

Selain melakukan optimasi di platform marketplace dengan penulisan SEO. Anda pun bisa melakukan optimasi ini pada akun media sosial yang lain atau situs yang Anda kelola. Supaya peluang bertambahnya pengunjung ke marketplace semakin tinggi dengan adanya cross promoting.

Cara ini selain bisa menambah pengunjung toko Anda, tindakan ini pun bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli atas toko Anda. Performa SEO pun juga bisa naik dengan mencantumkan link ke media sosial lainnya. Semakin banyak Anda menggunakan link, maka pencarian google akan lebih mempromosikan toko Anda.

5.      Melakukan Optimasi Foto Produk

Optimasi foto produk ini bisa membantu Anda meningkatkan jumlah calon pembeli. Pertama, sebelum seseorang memutuskan untuk membeli. Pastinya ia akan melihat seberapa bagus kualitas produk yang diinginkannya. Pengambilan foto produk yang bagus dan menarik, memiliki nilai yang lebih untuk dilirik dibandingkan dengan foto yang diambil secara asal-asalan.

Gunakanlah foto yang jelas dan menarik supaya bisa memikat calon pembeli. Namun, yang perlu diperhatikan pada optimasi produk ini usahakan gambar tidak jauh berbeda dengan aslinya. Gunakan filter secukupnya supaya ketika sampai ditangan pembeli mereka tidak merasa dibohongi dengan produk yang tidak sesuai di foto.

Pelanggan yang merasa puas, pasti akan memberikan respon yang positif untuk toko Anda. Hal ini akan berdampak baik bagi toko dan bisa menyukseskan proses optimasi toko online Anda. Ingat, proses optimasi ini bertujuan untuk meningkatkan pejualan dan tidak lepas dari kepuasan produk.

6.      Memberikan Respon Cepat

Pernah tidak sih Anda memesan barang online, tetapi dari adminnya kurang responsif. Pastinya Anda merasa jengkel dan kesal karena tidak ada respon dari pihak admin penjual. Respon cepat ini membantu Anda memberikan pelayanan ramah kepada calon pembeli. Konsumen yang merasa puas, pun bisa memberikan bintang bagus yang bisa menaikkan performa toko online.

Selain respon cepat, pelayanan yang baik pun juga perlu diperhatikan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen. Nah, di sini Anda bisa menyiapkan paking yang aman supaya barang customer aman sampai tujuan. Hal ini berguna untuk menghindari hal-hal yang bisa merugikan toko Anda. Melayani pembeli sama halnya Anda membangun toko, semakin baik pelayanan yang diberikan maka toko Anda pun memiliki performa yang baik pula.

Demikian informasi mengenai cara mengoptimasi e-commerce marketplace untuk penjualan produk UMKM. Agar bisa mendapatkan performa yang bagus pada e-commerce, tentunya Anda pun harus melakukan optimasi pada marketplace Anda. Cara-cara di atas semoga bisa membantu Anda untuk membuat marketplace Anda memiliki performa yang bagus.

Bagikan Artikel