Setiap pelaku usaha tentu ingin bisnisnya terus berkembang, tak terkecuali mereka yang menjalankan usaha kecil atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
Tetapi di dalam menjalani suatu usaha tak segampang membalikkan telapak tangan. Karena setiap saat persaingan di dunia usaha semakin kompetitif, entah itu skala besar ataupun kecil, terlebih di era digital seperti saat ini.
Maka dari itu para pelaku UMKM membutuhkan kiat yang tepat supaya dapat bertahan sehingga bisa mengembangkan bisnisnya. Di bawah ini merupakan sejumlah strategi atau kiat sukses merintis UMKM yang dapat diaplikasikan.
- Tingkatkan kualitas atau mutu produk
Kualitas produk merupakan salah satu unsur penting guna mengembangkan UMKM. Karena produk yang berkualitas akan selalu jadi pilihan utama bagi konsumen. Dengan kualitas produk yang selalu terjaga, maka kualitas bisnis pun secara langsung akan naik juga.
Oleh sebab itu pelaku UMKM harus meningkatkan kualitas produknya dengan cara bertahap. Walau hal ini kadang-kadang menambah biaya produksi, pelaku usaha dapat mengatasinya dengan cara menaikkan harga jual produk. Sepanjang kenaikan harganya masuk akal, produk akan tetap diburu dan menjadi pilihan hati konsumen.
- Membaca tren
Konsumen umumnya gampang jenuh dan condong ingin sesuatu hal yang baru. Oleh sebab itu pelaku UMKM mesti membaca tren teranyar supaya konsumen tidak beralih ke kompetitor.
Contohnya saja, Anda ini adalah pelaku UMKM di bidang fashion dan mengetahui bahwa sekarang ini model polkadot sedang menjadi tren. Cobalah untuk mengaplikasikan motif itu pada koleksi terbaru tanpa menghilangkan unsur yang menjadi ciri khas dari brand Anda.
Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Strategi ini bisa dipakai untuk menarik konsumen baru sekaligus mempertahankan pelanggan setia Anda.
- Bangun engagement
Upaya lainnya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis yakni membangun hubungan baik dengan konsumen. Pelaku UMKM bisa membangun hubungan dengan mengikutsertakan konsumen dalam evaluasi dan pengembangan produk disamping berkomunikasi dengan ramah.
Misalnya, pelaku UMKM bisa membuat kuesioner guna mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada produk-produk yang ada. Di samping itu, kuesioner pun dapat digunakan untuk menciptakan inovasi yang bisa menjawab keperluan konsumen.
- Manfaatkan platform online
Fungsi platform online amat penting untuk mengembangkan bisnis UMKM di era digital seperti saat ini. Karena sekarang telah banyak konsumen yang lebih memilih untuk melakukan transaksi secara online lantaran dinilai lebih terjangkau dan praktis.
Disamping itu, para pelaku UMKM pun bisa menggunakan platform online untuk berbagai kebutuhan, antara lain sarana penjualan, komunikasi pelanggan, sampai promosi produk. Media sosial dan e-commerce merupakan beberapa platform yang dapat digunakan untuk keperluan itu.
Dengan menggunakan platform online, pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih besar dan memiliki peluang menaikkan penjualan.
- Tingkatkan skill bisnis
Pengetahuan bisnis merupakan modal utama untuk mereka yang ingin terjun atau sedang menjalankan sebuah usaha. Hal itu dibutuhkan supaya bisnis bisa berjalan lancar dan optimal sehingga bisa terus berkembang setiap saat.
Mengevaluasi kinerja bisnis secara konsisten dan periodik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan skill bisnis. Dengan begitu, pelaku usaha bisa mengamati kesalahan-kesalahan yang dilakukan guna dijadikan sebagai pengalaman dan pelajaran nanti. Di samping itu, skill bisnis pun bisa ditingkatkan dengan mengikuti berbagai pelatihan berbau bisnis.
Nah, itulah 5 tips dan kiat sukses dalam merintis UMKM bagi Anda yang baru saja membuka usaha.