Kapan Waktu Posting Terbaik di Facebook?

Facebook baru-baru ini melampaui 2 miliar pengguna aktif bulanan dan terus bertambah. Maka tidak mengherankan jika ia memiliki lebih dari 2,5 juta pengiklan dan 50 juta halaman bisnis kecil. Memang, memposting ke Facebook saat audiens target Anda sedang online dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak visibilitas dan meningkatkan hasil Anda secara keseluruhan.

Bagaimana Anda tahu kapan waktu terbaik? Semuanya bermuara pada mengetahui sektor Anda serta perilaku dan preferensi pelanggan Anda. Praktisi yang akrab dengan algoritma Facebook telah melakukan banyak penyelidikan dan penelitian. Mereka mengusulkan agar Anda mempublikasikan hal-hal pada waktu itu untuk referensi Anda. Informasi di atas merupakan hasil penelitian Sprout Social, dan dapat diringkas sebagai berikut:

  • Rabu, 11 pagi dan 1 – 2 siang
  • Rabu adalah hari terbaik.
  • Minggu adalah hari terburuk dalam seminggu.
  • Karena jatuh di tengah minggu, Rabu sering menjadi hari tersibuk bagi banyak industri.
  • Akhir pekan, di sisi lain, pasti akan melihat penurunan aktivitas. Ini berarti bahwa pada hari Sabtu dan Minggu, audiens Anda akan kesulitan melihat hal-hal yang Anda bagikan di Facebook. Anggap saja mereka sedang berlibur bersama keluarga dan tidak punya waktu untuk memeriksa ponsel atau komputer mereka.

Kapan Waktu Terbaik untuk Posting di Facebook?

Pemasaran di platform media sosial terkemuka tidak lagi sesederhana dulu. Jangkauan organik telah anjlok, dan semakin menjadi game bayar untuk dimainkan. Namun, ini tidak berarti bahwa upaya organik harus ditinggalkan. Bagian dari menguasai rencana mendapatkan sebanyak mungkin peluang adalah mengoptimalkan jadwal posting Facebook Anda.

Beberapa penelitian membagi waktu posting Facebook mereka berdasarkan industri atau sektor. Tergantung pada industri Anda, ada waktu optimal yang berbeda. Studi-studi ini lebih cenderung fokus pada periode tertentu dalam sehari daripada hari-hari tertentu dalam seminggu.

Bisnis ke Konsumen (B2C)

Dapat disimpulkan bahwa waktu ideal bagi bisnis B2C untuk memposting di Facebook adalah pukul 9-10 pagi, 11-12 malam, dan 4 sore. Waktu-waktu ini biasanya sesuai dengan istirahat kerja (atau mendekati hari kerja mereka).

Bisnis ke Bisnis

Dalam hal B2B, tampaknya waktu terbaik untuk posting Facebook adalah di sore hari, ketika orang membutuhkan istirahat.

Industri Perangkat Lunak

Perlu dicatat bahwa siang hari bukanlah waktu yang paling produktif. Dalam industri ini, waktu yang ideal untuk memposting di Facebook adalah sebelum bekerja, setelah bekerja, dan di sore hari.

Organisasi Perawatan Kesehatan

Waktu optimal untuk industri ini adalah di pagi hari. Sebab, pada intinya, para penggemar bisnis ini sangat ingin bangun pagi demi kesehatan.

Perusahaan Media

Waktu terbaik untuk memposting di Facebook adalah saat orang bersiap-siap untuk bekerja, pergi makan siang, atau baru pulang. Ini sesuai dengan periode ketika banyak orang mencari informasi secara umum.

Waktu Terbaik untuk Posting di Facebook

Tidak ada yang namanya hari atau waktu ketika seluruh audiens target Anda online dan aktif. Tapi itu tidak menutup kemungkinan untuk menemukan waktu terbaik untuk memposting tentang perusahaan Anda di Facebook. Anda dapat mengetahui kapan audiens Anda ada di Facebook dan di mana keterlibatan paling mungkin terjadi dengan memeriksa metrik posting dan meneliti aktivitas pengguna.

Pemanfaatan Facebook Analytics

Memeriksa wawasan dari audiens Anda dan posting Facebook adalah teknik pertama dan mungkin yang paling produktif. Data analitik ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang perilaku dan demografi audiens Anda.

Periksa kinerja setiap pos untuk menemukan mana yang memiliki interaksi terbesar. Memang memerlukan pemeriksaan manual dari waktu ke waktu, tetapi ini adalah pendekatan yang sangat baik untuk mengetahui jenis pos mana yang beroperasi secara efektif dan sesuai jadwal.

Anda juga dapat menggunakan Facebook Analytics untuk melihat kapan audiens target Anda paling terlibat. Ini akan membantu Anda dalam menentukan waktu optimal untuk memposting di Facebook.

Jalankan Pengujian A/B

Memposting materi yang sama pada waktu yang berbeda adalah teknik lain untuk mengetahui kapan grup target Anda paling terlibat di postingan Facebook. Ini memungkinkan Anda untuk memeriksa bagaimana kinerja materi Anda berubah dari waktu ke waktu.

Siapkan Pengujian A/B menggunakan aplikasi penjadwalan seperti Hootsuite, lalu periksa perbedaan hasilnya. Pengujian A/B juga dapat mengungkapkan apakah audiens Anda lebih terlibat pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, meskipun itu bukan waktu online puncak mereka.

Misalnya, Facebook Insights mungkin menunjukkan bahwa mayoritas audiens Anda online sekitar jam 9 malam, tetapi pengujian A/B mengungkapkan bahwa mereka lebih terlibat di siang hari, selama istirahat makan siang. Pengujian A/B sangat bagus untuk posting dan iklan Facebook, yang sensitif terhadap waktu seperti konten organik pada umumnya.

Lakukan Analisis Pesaing

Ikuti halaman Facebook bisnis pesaing Anda. Bagaimana mereka menjadwalkan posting Facebook mereka? Bandingkan jadwal penerbitan pesaing Anda dengan wawasan audiens Anda. Apakah Anda memiliki periode di mana audiens Anda aktif tetapi pesaing Anda tidak?

Menjadwalkan konten Anda untuk muncul pada waktu tertentu akan membantu Anda menonjol dari yang lain dan memiliki lebih sedikit persaingan untuk pemeriksaan keterlibatan Facebook. Analisis kompetitif juga dapat membantu Anda membedakan diri Anda dari pesaing dengan mengungkapkan berbagai bentuk konten yang Anda hadapi.

Sudah cukup jelas sekarang kapan waktu optimal untuk memposting di Facebook. Semuanya bergantung pada audiens target Anda dan kebiasaan media sosial mereka dalam skenario ini. Uji pengeposan di berbagai waktu saat Anda membuat halaman bisnis untuk menemukan mana yang paling berhasil.

Untuk mengidentifikasi waktu posting Facebook Anda, gunakan alat dan taktik yang diuraikan di atas. Anda cenderung melihat lebih banyak keterlibatan di Facebook jika Anda memiliki lebih banyak pemirsa yang menonton konten, yang menunjukkan bahwa pemirsa tertarik dengan konten tersebut.

 

Bagikan Artikel