Pengertian Advertising atau Periklanan baik Online Maupun Konvensional

Pengertian Advertising atau Periklanan. Masih banyak yang salah memahami pengertian advertising atau periklanan dengan marketing. Padahal kenyataannya periklanan dengan marketing memiliki arti yang berbeda. Oleh karena itu melalui artikel ini kita akan membahas lebih detail mengenai perbedaan marketing dan pengertian advertising atau periklanan.

Mengenal Periklanan

Istilah advertising atau periklanan sudah cukup banyak terdengar oleh masyarakat. Banyak juga yang mengenali istilah ini sebagai bagian dari pemasaran. Tapi apakah periklanan ini sama dengan pemasaran? Mari bersama membahas mengenai hal ini. Pengertian advertising atau periklanan adalah sebuah upaya atau usaha untuk mempersuasi masyarakat sebagai target market untuk melakukan hal tertentu. Biasanya upaya yang dilakukan ini bertujuan supaya target market mau menggunakan dan membeli produk. Iklan bukan hanya sekedar mempersuasi masyarakat untuk mengenal dan menggunakan produk. Iklan juga digunakan sebagai media untuk meningkatkan awareness terhadap sesuatu. Dalam bisnis usaha, penggunaan iklan akan sangat berguna untuk membangun sebuah branding, media promosi produk, memperkenalkan layanan, hingga memberikan edukasi.

Seperti yang telah kita singgung bersama sebelumnya, apakah pengertian advertising atau periklanan memiliki hubungan dengan marketing.  Suatu hal yang harus dipahami bersama adalah keduanya merupakan topik yang berbeda. Terlihat dari bagaimana marketing dan iklan berjalan, kita akan menyadari perbedaan keduanya. Marketing adalah sebuah proses yang mencakup keseluruhan mengenai strategi perusahaan dalam meningkatkan hingga meyakinan pelanggan untuk melakukan tindakan. Mencakup proses riset pasar, mengidentifikasi target pasar, hingga melakukan analisis.

Pada advertising atau periklanan biasanya berupa proses menciptakan pesan yang persuasif. Langkah ini untuk menyukseskan tujuan utama dari marketing. Pengertian advertising atau periklanan adalah sebagai aktivitas yang dapat membantu mengenalkan produk. Jadi dapat dikatakan jika periklanan merupakan satu bagian komponen dari marketing. Tapi marketing tidak selalu mengenai periklanan. 

Fungsi dari Advertising atau Periklanan

Pembahasan mengenai pengertian advertising atau periklanan sudah kita bahas. Fungsi dari periklanan ini juga tidak kalah pentingnya. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari advertising atau periklanan ;

  1. Memberikan Informasi

Penggunaan iklan bagi perusahaan adalah sebagai media informasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Iklan dapat digunakan untuk membantu target market untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Informasi yang dapat diberikan melalui iklan sangat jelas, mudah dimengerti, dan singkat. 

  1. Mendorong Kegiatan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dapat didorong melalui media periklanan. Perusahaan akan terus berupaya untuk memproduksi dan memasarkan produk di tengah masyarakat. Langkah ini merupakan sebuah upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

  1. Sebagai Identitas

Dengan adanya media iklan maka masyarakat akan lebih mengenali produk dan brand perusahaan.

Manfaat Periklanan 

Iklan sangat berperan besar dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli dan menggunakan produk. Dengan iklan yang menarik dan informatif peluang untuk diterima oleh masyarakat lebih tinggi. Pemahaman kita mengenai pengertian advertising atau periklanan sudah semakin bertambah melalui pembahasan sebelumnya. Kali ini penjelasan lain mengenai periklanan adalah manfaat yang akan didapatkan jika menggunakannya. Apa saja sih manfaat dari periklanan?

  1. Meningkatkan Awareness

Media iklan dapat membantu dalam meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk. Iklan juga dapat mengedukasi konsumen agar lebih tau manfaat yang didapatkan dari produk. 

  1. Media Promosi

Tujuan dari advertising atau periklanan yang utama adalah dapat menyampaikan penawaran menarik dari perusahaan. Perlu diperhatikan juga produksi konten yang dilakukan harus sesuai dan tidak menimbulkan hal buruk.

  1. Evaluasi dan Perbandingan Kompetitor

Melalui media iklan konsumen dapat melakukan evaluasi, membandingkan, dan menganalisis dengan produk kompetitor.

Bagikan Artikel