Pemasaran kini dapat dilakukan tidak hanya dengan cara konvensional saja. Melainkan dapat dilakukan melalui media sosial. Keberadaan internet membuat media sosial kini dapat diakses secara online.
Di samping itu, manfaat pemasaran melalui media sosial bisa sekedar dari memasarkan. Melainkan lebih dari itu. Perusahaan yang mampu bertahan biasanya dapat memanfaatkan media sosial dengan baik. Berikut beberapa manfaat media sosial dalam pemasaran.
- Memperluas Jangkauan Sasaran Pemasaran
Media sosial pada hakikatnya adalah tempat bersosialisasi. Jika sebelumnya media sosial konvensional hanya menjangkau pada lingkup daerah saja. Namun media sosial online dapat menjangkau batas wilayah dan waktu. Karena ketika orang sudah terhubung net, orang dapat menerima informasi.
Sehingga manfaat pemasaran melalui media sosial dalam hal ini dapat memperluas jangkauan pemasaran. Sasaran dan publikasi dapat dilakukan hanya dengan sekali klik, tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen.
- Efisiensi Tenaga, Biaya dan Waktu
Ketika Anda memiliki usaha, Anda akan membutuhkan banyak modal. Tidak hanya sekedar modal produksi, tetapi juga trial and eror produk, dan pemasaran. Hal ini juga tergantung dari mana Anda memulai suatu usaha.
Jika usaha yang Anda lakukan dimulai dari produksi, maka tenaga, waktu, dan biaya akan sangat besar hingga Anda pada tahap pemasaran. Namun jangan khawatir, keberadaan media sosial online justru sangat efektif untuk mengecilkan ketiga pengeluaran tersebut.
Ini menjadi bagian manfaat pemasaran melalui media sosial. Dengan media sosial online, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mendatangi konsumen. Selain itu, waktu tidak terbatas dapat dilakukan tanpa harus mengganggu kenyamanan fisik. Selanjutnya biaya transpor dan bahan lebih hemat saat menggunakan platform.
- Membangun Branding Produk Lebih Cepat
Platform media sosial online banyak memiliki variasi dan perkembangan. Saat digunakan juga dapat terhubung dengan akun pribadi. Dapat juga terhubung antar-platform lainnya. Ini membuat kegiatan sharing atau berbagi lebih mudah dilakukan.
Di samping itu, Anda akan mampu membangun branding atau merk dagang Anda lebih cepat. Branding dapat dibangun melalui habbit yang Anda bawa dan visi misi usaha. Dari visi misi yang dikemas inilah, orang akan tertarik dengan brand Anda. Lambat lain brand dikenal dan memudahkan Anda dalam pemasaran.
- Analisis Pasar dan Evaluasi Pelanggan
Manfaat pemasaran melalui media sosial juga dapat digunakan sebagai bahan analisis pasar. Media sosial memiliki sistem hitung yang dapat membaca kecenderungan pengguna dalam menggunakan dan mengunjungi suatu situs tertentu.
Hal tersebut dapat Anda gunakan untuk mengecek perkembangan konten Anda dalam pemasaran. Trafik pengunjung dapat dicek dengan menggunakan google analytics. Anda dapat mengetahui bagaimana cara orang-orang menemukan situs Anda.
Selanjutnya dari hasil analisis, Anda dapat mengevaluasi kekurangan dan kelebihan dari konten pemasaran yang Anda buat. Dengan evaluasi, Anda dapat mengembangkan dan memperbaiki kualitas produk.
- Mengembangkan Popularitas dan Kualitas Produk
Lainnya lagi tentang manfaat pemasaran melalui media sosial ialah dapat membangun dan mengembangkan popularitas. Popularitas dapat Anda cari berdasarkan trend yang sedang berkembang.
Trend yang sedang berkembang menjadi kesempatan Anda untuk mengembangkan popularitas usaha. Simbiosis mutualisme dapat terjalin karena sama-sama mengembangkan popularitas. Kelompok tertentu yang belum tahu usaha Anda, secara tidak langsung mengenal dan tertarik.
Dari komunitas atau kelompok tertentu, Anda ikut belajar untuk menambah kualitas produk yang diminati oleh masyarakat. Feedback secara langsung, sekaligus menjadi bagian komunikasi penting Anda untuk membangun kepercayaan kepada calon pelanggan.
- Menarik Simpati dan Kepercayaan
Ketika komunikasi pertama dibangun dengan baik, secara tidak langsung ini menambah manfaat pemasaran melalui media sosial. Sekaligus menjadi pintu gerbang pertama membangun kepercayaan dan menarik simpati calon pelanggan.
Bahasa pelayanan yang baik, memberikan penjelasan dan bukti dapat menarik kepercayaan masyarakat. Di samping itu, nilai lebih suatu brand dengan memberikan alasan manfaat maknawi lebih menarik simpati. Orang akan melihat maknanya daripada produknya. Sehingga berminat membeli.
- Meningkatkan Penjualan Produk Lebih Cepat
Setelah kepercayaan Anda bangun, pelanggan yang puas akan dengan suka rela membagikan produk Anda. Membagikan pengalaman kepada khalayak saat menggunakan produk. Bahkan tidak sungkan-sungkan mempromosikan secara gratis produk Anda.
Manfaat pemasaran melalui media sosial ini sangat menguntungkan. Mengingat Anda bukanlah sekedar menjual barang. Melainkan makna atau ideologi yang Anda berikan kepada masyarakat. Membeli berarti ikut memaknai. Sehingga masyarakat lebih mudah tertarik.
- Mampu Mengembangkan Produk Lainnya
Simpati masyarakat yang telah tertanam pada produk Anda, bisa berubah menjadi layanan pre-order. Calon pelanggan tidak sungkan memberikan pendapat dan idenya untuk Anda dalam mengembangkan masyarakat.
Di satu sisi, Anda akan memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dengan begitu Anda dapat menambah ide-ide usaha baru. Mungkin modal akan dibutuhkan. Namun kepuasan pelanggan yang berakhir pengembangan usaha bisa didapatkan.
- Menambah Partner Bisnis
Setelah usaha Anda berkembang sebagai bagian dari manfaat pemasaran melalui media sosial, Anda dapat mengembangkan kembali dengan mengajak kerja sama usaha lain, atau merekrut karyawan baru.
Pangsa pasar akan lebih luas lagi. Mengingat setiap partner memiliki circle yang berbeda. Kenalan yang tidak sama membantu Anda untuk lebih melebarkan sayap pemasaran. Ini juga termasuk dalam kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak.
Sembilan manfaat pemasaran melalui media sosial dapat dimaksimalkan dengan baik menggunakan sistem digital. Namun kendati demikian, Anda juga perlu mewaspadai hal-hal yang mungkin terjadi. Sehingga jangan lupa untuk menyiapkan cara mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan dari media.