Bagi pebisnis, Anda wajib paham mengenai manfaat strategi retargeting dalam upaya pemasaran digital marketing. Secara umum, strategi ini mengusahakan agar Anda bisa menaikkan angka permintaan produk. Fokus utamanya bukan memancing leads baru, melainkan upaya agar pembeli tertarget bisa segera melakukan transaksi pembelian.
Manfaat Melakukan Retargeting pada Pemasaran Online
Ada banyak kebaikan yang akan dirasakan ketika Anda melakukan retargeting dalam kampanye digital marketing untuk produk Anda. Tentu saja, hal ini menjadi sebuah kabar baik untuk bisnis yang sedang Anda kembangkan. Apa saja ya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah inil.
Menaikkan Penjualan Produk
Jika Anda menargetkan sebuah produk pada pasar yang tepat, maka kemungkinan kenaikan penjualan juga akan semakin besar. Umumnya, retargeting akan menyasar pada orang-orang yang sudah sempat tertarik, tetapi belum melakukan transaksi. Maka, tujuan utama strategi ini memang untuk meningkatkan konversi penjualan dengan lebih baik.
Meningkatkan Brand Awareness Produk
Secara umum, manfaat strategi retargeting dalam promosi online akan memberikan kepekaan kepada pelanggan, terkait dengan produk Anda. Brand awareness akan terbangun ketika pelanggan berinteraksi secara langsung dengan website yang dikelola.
Branding produk merupakan usaha jangka panjangan yan taka akan langsung bisa menjura tanpa adanya proses. Maka, membangun branding produk ini juga menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan dalam upaya kampanye digital marketing, terutama dalam proses retargeting konsumen dan produk Anda.
Memudahkan Pemantauan Angka Konversi
Pemasaran digital memiliki keunggulan dalam hal pemantauan konten. Anda bahkan bisa melakukan pengamatan dalam perkembangan angka konversi yang terjadi dalam website. Jika tak semua konsumen langsung melakukan transaksi, maka memaksimalkan langkah strategi retargeting menjadi sesuatu yang paling penting untuk dilakukan sesegera mungkin.
Lebih Hemat Biaya Pemasaran
Anda bisa menekan biaya pemasaran karena berupaya mengambil manfaat strategi retargeting dalam kampanye digital marketing. Semua hal hanya akan dilakukan secara online, sehingga Anda tak membutuhkan biaya lain terkait dengan pemasaran non digital, seperti pamflet dan sarana pemasaran konvensional lainnya.
Menciptakan Hubungan Baik dengan Pelanggan
Ketika Anda sudah paham kebutuhan konsumen yang memiliki produk yang Anda miliki, maka kini saatnya menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Banyak upaya kampanye digital marketing seperti menaikkan engagement di media sosial atau melakukan personalisasi pada pemasangan iklan dalam email.
Jika Anda telah berhasil meraih hati konsumen, maka proses pemasaran dan penawaran kepada mereka akan lebih mudah dilakukan. Hal ini juga akan menciptakan trust konsumen pada akun bisnis dan branding produk yang sedang digalakkan.
Manifestasi Strategi Retargeting dalam Kampanye Digital Marketing
Agar bisa mencapai beberapa manfaat retargeting di atas, terdapat beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan demi mencapai target yang diinginkan. Bagaimana cara mudahnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
Memperbarui Iklan secara Berkala
Kampanye digital marketing bisa Anda gunakan dalam seluruh platform media digital yang diperlukan. Anda bisa menggunakan media sosial untuk lebih banyak menjaring konsumen. Anda perlu paham mengenai algoritma medsos yang mungkin berbeda dengan jenis pemasaran online lainnya.
Jika Anda lebih fokus dan mencoba menaikkan manfaat strategi retargeting dalam iklan, maka secara perlahan Anda akan dapatkan hasil yang berbanding lurus dengan effort yang dilakukan. Memperbarui iklan juga menjadi langkah untuk melihat efektivitasnya di hadapan para calon konsumen tertarget.
Melakukan Uji Inovasi pada Iklan Anda
Jika Anda sudah mengetahui titik lemah dari konsumen serta bisa menaikkan minatnya dalam konsumsi suatu produk, maka hal ini jadi kabar baik. Anda bisa memanfaatkan hal itu untuk melakukan uji coba inovasi jenis iklan yang memiliki peluang lebih tinggi untuk menggaet calon konsumen baru.
Langkah ini juga bisa dijadikan sebuah ukuran keberhasilan dalam proses marketing online untuk melihat performa iklan. Secara umum, retargeting akan lebih mengerucut pada orang-orang yang memiliki angka tertinggi dalam kriteria buyer persona yang sesuai dengan produk Anda.
Menggunakan Tools yang Tepat untuk Retargeting
Dalam upaya mengambil manfaat strategi retargeting melalui kampanye digital marketing, Anda wajib menggunakan tools yang tepat. Hal ini akan berkaitan dengan keterikatannya dengan berbagai elemen lain dalam media digital. Apa saja hal-hal yang berpengaruh di dalamnya?
1. Facebook Ads
Pemasaran melalui Facebook masih sangat potensial dilakukan. Anda bisa memanfaatkan Fanpage atau Facebook Ads untuk mengerucutkan target market yang akan disasar. Secara umum, Facebook masih memiliki peminat yang cukup banyak, sehingga melakukan digital marketing di kanal medsos satu ini cukup direkomendasikan.
2. Instagram Ads
Instagram menjadi salah satu medsos yang mengalami perkembangan kemajuan konten yang cukup signifikan. Di sini, Anda akan lebih mudah menentukan target konsumen karena hampir semua orang memiliki minat dan kesukaan yang berbeda. Pantauan tentang minat ini bisa dilihat dari penelusuran hastag yang paling populer.
3. Segmentasi audiens
Manfaat strategi retargeting yang perlu dimaksimalkan yakni melakukan segmentasi audiens. Dimulai dari usia, jenis kelamin, hobi, minat, hingga hal-hal personal lainnya. Dengan cara ini Anda akan lebih mudah menentukan jenis iklan yang akan digunakan, serta menyesuaikan konten yang ada.
4. Email Marketing
Langkah selanjutnya yang bisa digunakan untuk menaikkan performa akun dan langkah retargeting yakni melakukan email marketing. Iklan menggunakan email akan terasa lebih personal, sehingga Anda bisa menyentuh sisi paling dalam dari para konsumen yang tertarget. Jika berhasil, tentu penjualan Anda akan semakin meningkat.
Jika para pebisnis bisa memaksimalkan manfaat strategi retargeting dan mengupayakannya dengan baik, maka usaha yang sedang dijalankan bisa memberikan omset yang tidak main-main. Maka, Anda hanya perlu fokus pada upaya-upaya yang potensial agar tujuan retargeting bisa berhasil sesuai harapan.